Tanggung Jawab adalah Kunci Pengendalian Covid-19

500

Tanggung Jawab adalah Kunci Pengendalian Covid-19

Pencegahan penyebaran covid-19 di tengah masyarakat merupakan tugas penting yang harus dilakukan oleh seluruh pihak. Kerjasama yang baik antara pemerintah sebagai regulator, serta masyarakat sebagai pelaksana regulasi merupakan hal yang saat ini diharapkan dapat membantu penurunan kasus Covid-19.

Dalam penerapannya, tanggung jawab serta kerjasama tersebut harus terinternalisasi dengan baik, sehingga kewajiban dapat dilakukan sebaik mungkin, salah satunya adalah dengan menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti program vaksinasi. Karena dengan demikian, proses penyebaran Covid-19 dapat segera diminimalisir

Tanggung Jawab Utama Kunci Pengendalian Kasus

Terdapat 3 tanggung jawab penting dan kesadaran diri yang dapat membantu dalam penurunan kasus Covid-19 di tengah masyarakat, diantaranya adalah ;

1. Disiplin menjalankan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dapat menjaga kasus tetap rendah dan mempertahankan produktivitas ekonomi.

2. Kesadaran tinggi untuk melakukan tes Covid-19 jika merasa bergejala, atau selepas beraktivitas dengan risiko penularan tinggi.

3. Kesadaran tinggi untuk mengisolasi diri jika tidak sehat atau terdiagnosa positif.

Dengan menyadari 3 poin penting diatas, diharapkan mampu rasa tanggung jawab dan solidaritas tinggi untuk bisa saling menjaga diri dan lingkungan sekitar dari paparan Covid-19. Segera lakukan isolasi mandiri dan melakukan pemeriksaan ke tenaga kesehatan melalui program telemedicine untuk bisa segera mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.