Telepon Status Vaksinasi adalah Hoax

1,254

Telepon Status Vaksinasi adalah Hoax

Dalam beberapa waktu terakhir, tersebar narasi pada sebuah pesan berantai WhatsApp mengenai adanya seseorang yang mendapatkan panggilan dari nomor yang tidak dikenal. Dalam percakapannya, pelaku menanyakan kepada masyarakat apakah mereka telah mendapatkan vaksinasi atau belum.

Merespon kabar tersebut, dr. Mohammad Syahril selaku Juru Bicara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengeluarkan pernyataan resmi bahwa Kementerian Kesehatan tidak pernah melakukan panggilan kepada masyarakat terkait status vaksinasi.

Dari pernyataan diatas, secara resmi kementerian kesehatan menyatakan bahwa panggilan telepon yang menanyakan terkait status vaksin masyarakat, sepenuhnya adalah hoax. Dan masyarakat diharapkan bisa lebih waspada terhadap berbagai panggilan yang mengatasnamakan Kementerian Kesehatan maupun Kementerian lainnya.

Selain itu masyarakat juga diharapkan dapat mengakses status vaksinasi melalui platform Satu Sehat yang merupakan situs resmi milik pemerintah untuk vaksinasi Covid-19.

Apabila terdapat pertanyaan maupun permasalahan terkait vaksinasi dan Covid-19, masyarakat bisa menghubungi WhatsApp Kemenkes RI 0811 1050 0567, email pedulilindungi@kemkes.go.id, atau Call Center di nomor 119 ext. 9 untuk bisa segera mendapatkan penanganan dari petugas resmi pemerintahan.