Tingkat Kesembuhan dan Kasus Aktif Indonesia Masih Lebih Baik Dibandingkan Dunia

Rabu, 25 Agustus 2021

19

Tingkat Kesembuhan dan Kasus Aktif Indonesia Masih Lebih Baik Dibandingkan Dunia

Melihat kasus pandemi yang terus meningkat dalam beberapa waktu terakhir akibat virus Covid-19 varian delta di dunia khususnya Indonesia, membuat para tenaga kesehatan dan pemerintah yang terlibat dalam proses penanganan dan pengendalian virus Covid-19 terus mengupayakan solusi – solusi nyata bagi masyarakat Indonesia agar terhindar dari paparan virus Covid-19.

Berbagai solusi seperti melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan dan 5M, menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, hingga melaksanakan vaksinasi Covid-19 diterapkan dan diberlakukan secara baik di Indonesia. Pada akhirnya, usaha – usaha tersebut membawakan hasil dengan data yang ditunjukan bahwa Indonesia mengalami kasus aktif dan kesembuhan yang masih lebih baik dari negara – negara di dunia.

Melihat perbandingan dengan dunia, kasus aktif di Indonesia menurun hingga mencapai angka 7,3% lebih rendah dari tingkat dunia sebesar 8,43%. Dalam tingkat kesembuhan sendiri, Indonesia juga mengalami perbaikan hingga mencapai 89,5% melebihi rata – rata dunia sebesar 89,47%. Prof Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 menyampaikan bahwa penurunan angka secara signifikan terjadi pada minggu ini yaitu sebanyak 306.760 kasus, setelah minggu sebelumnya berada di angka 384.807 kasus. Meskipun terdapat 2 provinsi yang masih mengalami kenaikan jumlah kasus aktif yaitu provinsi aceh dan papua, namun penurunan di beberapa daerah diharapkan bisa menjadi angin segar dan motivasi bagi daerah lainnya.

Dengan demikian, masyarakat diharapkan bisa terus menjaga protokol kesehatan dengan menerapkan 5M dan vaksinasi, sehingga sistem kekebalan dalam tubuh bisa terus meningkat dan terhindar dari risiko kematian dan hospitality. Tidak hanya itu, apabila vaksinasi terus dilakukan secara menyeluruh, maka Herd Immunity secara nasional dapat segera tercapai.

Sumber :

1. https://covid19.go.id/berita/kesembuhan-dan-kasus-aktif-indonesia-lebih-baik-dibandingkan-dunia