Tips Sehat saat Arus Balik Mudik di Musim Pancaroba

296

Tips Sehat saat Arus Balik Mudik di Musim Pancaroba

Meski singkat, momen Hari Raya Idul Fitri Tahun 2022 mampu mengobati kerinduan terhadap keluarga besar yang berada di luar daerah, setelah hampir dua tahun tidak berjumpa namun kini pemerintah telah mengeluarkan peraturan untuk diperbolehkannya mudik lebaran.

Pelaku perjalanan yang saat ini sedang akan menjalankan arus balik menuju kota masing-masing, diharapkan dapat memperhatikan kesehatan tubuh selama diperjalanan, mengingat kondisi cuaca pancaroba, dimana bisa cuaca bisa panas dan hujan dalam waktu yang singkat.

Bagi masyarakat yang tidak berada dalam kondisi yang fit, atau tidak memiliki sistem imun yang kuat, kondisi cuaca seperti ini akan sangat mudah mengganggu kesehatan dan timbul penyakit seperti flu dan juga demam.

Untuk itu, perlu bagi kita untuk mengetahui apa saja yang perlu dilakukan dalam menghadapi kondisi demikian ketika berada di perjalanan. Berikut ini adalah tips sehat saat arus balik di musim pancaroba yang dapat kita lakukan bersama, diantaranya adalah ;

  1. Konsumsi makanan dan minuman yang sehat

  2. Konsumsi makanan dan minuman yang sehat

  3. Beristirahat setelah mengemudi 4 jam , selama 15 menit, Demikian pula dengan pengemudi motor. Istirahat setiap 2 jam.

  4. Jangan paksakan bila sudah mengantuk

  5. Gunakan masker untuk melindungi diri dari polusi udara dan paparan virus lainnya

Dengan menerapkan 5 tips sehat saat arus balik di atas, diharapkan mampu memberikan keamanan serta kenyamanan berkendara selama pulang dari kampung halaman.

Segera lakukan pemeriksaan apabila mengalami gejala Covid-19 dengan menghubungi fasilitas kesehatan terdekat agar mendapatkan pertolongan yang cepat dan sesuai dengan protokol penanganan Covid-19.