Tren Penurunan Kasus Covid-19 Merata di Beberapa Provinsi

228

Tren Penurunan Kasus Covid-19 Merata di Beberapa Provinsi

Kasus aktif yang terus menurun serta tingginya angka kesembuhan dari Covid-19, merupakan prestasi yang cukup membanggakan bagi Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19. Hal ini dikarenakan  adanya tren penurunan secara nasional yang terjadi di 15 provinsi dan 6 provinsi yang mengalami pelandaian.  Sampainya Indonesia pada kondisi demikian, merupakan hasil dari kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat yang masih terus berjuang dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan serta mengikuti program vaksinasi.

Menanggapi kondisi saat ini, dr. Siti Nadia Tarmizi M.Epid selaku Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa pemerintah saat ini semakin optimis untuk mampu melakukan pengendalian pandemi Covid-19 agar tidak terjadi lonjakan kasus yang lebih tinggi lagi, agar tidak terus menerus membebani sistem pelayanan kesehatan.

Sebagai penutup, dr. Siti nadia juga tidak lupa untuk berpesan kepada seluruh masyarakat untuk terus disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dalam beraktivitas serta mengikuti program vaksinasi dosis primer, maupun dosis lanjutan (booster). Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi kenaikan pada kasus aktif Covid-19 di tengah masyarakat dan meminimalisir hospitalisasi, kematian, serta kemungkinan terburuk dari paparan Covid-19.

Apabila mengalami gejala Covid-19 seperti demam tinggi, hilangnya fungsi penciuman, atau kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19, segera lakukan karantina mandiri dan melakukan konsultasi melalui layanan telemedicine agar segera mendapatkan penanganan dan solusi yang cepat dan tepat.