Uji Coba Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi untuk Akses Publik Akan Diberlakukan

Rabu, 25 Agustus 2021

22

Uji Coba Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi untuk Akses Publik Akan Diberlakukan

Dengan kondisi pandemi Covid-19 varian delta saat ini, menyebabkan kasus paparan virus Covid-19 menjadi terus melonjak. Maka dengan hal ini, pemerintah diharuskan untuk membuat sebuah kebijakan yang berguna untuk menekan angka penularan virus Covid-19 dan memberikan keamanan bagi masyarakat yang mengakses ruang publik. 

Untuk itu penegakan program vaksinasi nasional dan penggunaan sertifikat vaksin menjadi salah satu syarat seseorang untuk melakukan pengurusan administrasi dan mengakses ruang publik diberlakukan. Sertifikat vaksinasi yang terdapat pada aplikasi PeduliLindungi ini, nantinya berfungsi sebagai alat skrining bagi masyarakat dalam mengakses ruang publik, sehingga memberikan rasa aman bagi masyarakat yang terpaksa harus melakukan mobilitas diluar rumah.

Uji coba kebijakan ini direncanakan pada pertandingan sepak bola Liga 1 di DKI Jakarta, nantinya hanya masyarakat yang telah melakukan vaksinasi dan lulus tes skrining yang diperbolehkan untuk masuk. Pemerintah juga akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sehingga ujicoba yang dilaksanakan sebanyak 3 pertandingan ini, dapat meminimalisir atau bahkan terhindar dari paparan virus Covid-19.

Selain itu, penggunaan aplikasi PeduliLindungi ini juga akan diterapkan untuk melakukan skrining kesehatan kepada pegawai dan pengunjung dari sektor logistik, transportasi, dan distribusi yang utama nya diberlakukan untuk yang bergerak pada kebutuhan pokok, termasuk makanan dan minuman serta penunjangnya seperti hewan ternak dan peliharaannya.

Dengan demikian, masyarakat diharapkan untuk bisa segera melakukan vaksinasi Covid-19 dan tetap menjaga protokol kesehatan yang berlaku untuk mengakses ruang publik, agar diri kita, keluarga dan orang sekitar dapat tetap terlindungi dari paparan virus Covid-19.

Sumber :

1. https://covid19.go.id/berita/pedulilindungi-menjaga-keamanan-masyarakat-yang-beraktivitas-di-luar-rumah