Usaha Memenuhi Kebutuhan Vaksin, Pemerintah Amankan 370 Juta Dosis

Senin, 23 Agustus 2021

12

Usaha Memenuhi Kebutuhan Vaksin, Pemerintah Amankan 370 juta Dosis

Dalam rangka menunjang program vaksinasi nasional yang digagas sebagai langkah menekan angka paparan dan risiko kematian akibat Covid-19, pemerintah akan memastikan bahwa jumlah stok vaksin yang tersedia, cukup untuk didistribusikan ke berbagai daerah dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Dalam proses pemenuhannya, pemerintah Indonesia mendatangkan vaksin Covid-19 melalui berbagai cara, yaitu B2B (Business to Business), Multilateral, hingga mendapatkan hibah dari beberapa negara sahabat.

Hingga akhir tahun nanti, pemerintah telah memastikan bahwa stok vaksin sejumlah 370 juta dosis akan datang ke Indonesia yang datang dari berbagai pihak. Bantuan ini merupakan hal yang sangat bermanfaat mengingat jumlah masyarakat Indonesia yang begitu banyak, sehingga bantuan vaksin ini akan dipergunakan untuk menunjang pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap vaksin Covid-19.

Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan, memberikan keterangan bahwa Indonesia ingin mengincar angka 200 juta dosis untuk masyarakat Indonesia, sehingga jika dosis yang dibutuhkan sebanyak dua kali, maka Indonesia membutuhkan setidaknya 400 juta dosis.

Tidak sampai disitu, dalam beberapa waktu kedepan pemerintah sedang berusaha untuk meningkatkan stock yang datang ke Indonesia, sehingga nantinya vaksin Covid-19 yang datang ke Indonesia mencapai 430 juta dosis.

Maka dengan demikian, masyarakat diharapkan bisa segera melaksanakan vaksinasi Covid-19, agar Herd Immunity di tengah masyarakat Indonesia akan segera tercapai, sehingga dapat menurunkan risiko terpapar dan risiko kematian akibat Covid-19

Sumber :

1. https://www.presidenri.go.id/siaran-pers/pemerintah-amankan-370-juta-dosis-vaksin-hingga-akhir-tahun-2021/