Vaksin Pfizer Datang ke Indonesia Untuk Pertama Kali

Selasa, 24 Agustus 2021

14

Vaksin Pfizer Datang ke Indonesia Untuk Pertama Kali

Dalam rangka untuk berkomitmen menciptakan masyarakat yang produktif serta aman dari paparan Covid-19 yang saat ini menjadi pandemi di seluruh dunia, pemerintah Indonesia menyelenggarakan vaksinasi nasional yang ditujukan kepada bagi masyarakat Indonesia.

Dalam proses pelaksanaannya, Indonesia perlu untuk menyediakan vaksin tersebut sehingga kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap vaksin dapat terpenuhi. Untuk menjawab tantangan tersebut, Indonesia melakukan sebuah diplomasi kepada negara- negara tetangga yang secara mandiri dan terbukti efektif menemukan vaksin Covid-19 ini.

Pada tanggal 19 agustus 2021 yang lalu, hasil dari diplomasi yang dilakukan Indonesia akhirnya membawakan hasil berupa tiba nya vaksin Pfizer untuk pertama kalinya ke Indonesia. Dengan jumlah yang mencapai 1.560.780 ini nantinya vaksin fizzier akan didistribusikan ke daerah-daerah di Indonesia guna memenuhi kebutuhan stock yang ada.

Vaksin Pfizier sebelum masuk ke Indonesia, sudah terlebih dahulu di teliti oleh para ahli di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan pada akhirnya mendapatkan surat izin penggunaan atau Emergency Use Authority (EUA) pada Juli 2021 serta siap di edarkan dan digunakan oleh masyarakat yang memilik usia diatas 12 tahun.

Prof. Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan bahwa vaksin Pfizer ini diharapkan mampu untuk mengakselerasi program vaksinasi nasional, sehingga vaksinasi dapat merata di seluruh daerah dan bisa tersampaikan dengan baik kepada masyarakat.

Sumber :

1. https://covid19.go.id/masyarakat-umum/tahap-ke-38-untuk-pertama-kalinya-vaksin-pfizer-tiba-di-indonesia-19-agustus-2021