Vaksinasi dan Prokes, Kunci Hadapi Varian Omicron XBB

62

Vaksinasi dan Prokes, Kunci Hadapi Varian Omicron XBB

Kenaikan kasus Covid-19 yang kembali terjadi akibat adanya penyebaran sub varian XBB di tengah masyarakat. Dalam kurun waktu satu minggu, terakhir, kenaikan kasus Covid-19 hampir merata di seluruh daerah di indonesia, yaitu sekitar sekitar 30 Provinsi. data lain yang bisa dilihat juga pada level nasional, dimana peningkatan kasus dalam 4 hari terakhir mencapai 4.700 – 4.900 kasus.

Hingga saat ini yaitu tanggal 04 November 2022, tercatat sebanyak ada 12 kasus XBB di Indonesia, dimana dua kasus berasal dari perjalanan luar negeri, sementara 10 kasus merupakan transmisi lokal.

Dalam keterangannya dr. Muhammad Syahril selaku Juru Bicara Kementerian Kesehatan mengungkapkan kenaikan kasus diatas tidak terlalu signifikan apabila jika kita bandingkan dengan subomicron yang baru, yaitu BA 4 maupun BA 5.

Namun demikian, masyarakat diharapkan untuk bisa tetap waspada serta disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun, meminimalisir mobilitas, hingga menghindari kerumunan.

Tidak hanya itu, masyarakat diharapkan untuk bersegera dalam mendapatkan vaksinasi Covid-19 hingga dosis booster. Hal ini dilakukan guna memperkuat herd immunity ditengah masyarakat Indonesia. selain itu vaksinasi Covid-19 juga bisa menjadi instrumen yang dapat mencegah kesakitan, hospitalisasi, hingga kematian yang diakibatkan oleh paparan Covid-19.

Segera lakukan isolasi mandiri dan melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan melalui fitur telemedisin apabila mengalami gejala Covid-19, agar bisa segera mendapatkan penanganan secara cepat, tepat, dan sesuai dengan protokol penanganan pasien Covid-19.