Vaksinasi Lansia Belum Capai 70%

71

Vaksinasi Lansia Belum Capai 70%

Sebagai salah satu instrumen penting dalam pencegahan penularan COVID-19 di tengah masyarakat Indonesia, penyelenggaraan vaksinasi COVID-19 masih akan terus dilakukan untuk membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok yang sempurna di tengah masyarakat. Hal ini dikarenakan vaksinasi akan meminimalisir potensi kesakitan, hospitalisasi dan kematian akibat COVID-19.

Dalam pelaksanaanya, terdapat beberapa kelompok prioritas seperti lansia yang diharuskan untuk bersegera mengikuti vaksinasi. Namun demikian, capaian vaksinasi covid-19 kedua pada lansia masih belum genap 70% hingga 29 Agustus 2022.

Untuk itu, pemerintah menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk bisa melakukan beberapa hal berikut ini guna membantu dan melindungi lansia di tengah pandemi COVID-19, diantaranya adalah:

  1. Mencari dan sampaikan informasi yang tepat dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh lansia.

  2. Antar dan teman lansia ke lokasi vaksinasi COVID-19.

  3. Sediakan dukungan praktis seperti nomor layanan darurat.

Dengan ketiga hal diatas, diharapkan capaian vaksinasi pada lansia dapat menyentuh angka yang lebih baik lagi, sehingga sistem imun atau sistem kekebalan tubuh yang terbentuk di dalam tubuh lansia dapat lebih baik untuk menghadapi pandemi COVID-19.

Segera lakukan isolasi mandiri dan lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat melalui fitur telemedicine apabila mengalami gejala COVID-19, agar bisa segera mendapatkan penanganan secara cepat, tepat, dan sesuai dengan protokol penanganan pasien COVID-19.