Vaksinasi Lengkap Terbukti Efektif Menciptakan Antibodi

167

Vaksinasi Lengkap Terbukti Efektif Menciptakan Antibodi

Proses penanganan dan pengendalian Covid-19 di Indonesia, tercatat terus mengalami perbaikan. Hal ini dapat terlihat dari terus menurunnya kasus aktif dan penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat.  Hal ini dibuktikan dengan jumlah kasus konfirmasi mingguan yang turun secara signifikan sebesar 49,50% dibandingkan minggu sebelumnya.

Salah satu instrumen yang digunakan dalam upaya untuk melakukan pengendalian penyebaran Covid-19 adalah dengan melakukan vaksinasi Covid-19 guna membentuk herd immunity di tengah masyarakat.

Cara ini terbukti berhasil dan memberikan angka penurunan kasus yang sangat signifikan. dr. Siti Nadia Tarmizi M.Epid. selaku Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 menyatakan bahwa 86,6% penduduk Indonesia sudah memiliki antibodi SARS-CoV-2. Analisa ini berdasarkan hasil survei terhadap 21.880 sampel penduduk di 34 Provinsi dengan melibatkan 1.094 desa/kelurahan terpilih.

Dengan kondisi demikian, diharapkan adanya sebuah konsistensi dalam penanganan pandemi Covid-19. Selain itu, masyarakat juga diharapkan untuk terus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dan bersegera dalam melakukan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap. Semua upaya diatas dilakukan guna memaksimalkan perlindungan dari kematian dan hal-hal yang tidak diinginkan akibat dari paparan Covid-19.

Segera isolasi mandiri dan lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat melalui fitur telemedicine apabila mengalami gejala Covid-19. Agar pertolongan dan penanganan dapat dilakukan dengan cepat dan tepat.