Vaksinasi Nasional di Indonesia Mendapat Sorotan Dunia

Monday, 25 October 2021

67

Vaksinasi Nasional di Indonesia Mendapat Sorotan Dunia

Proses pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang diadakan secara nasional di Indonesia, telah mengalami berbagai macam rintangan seperti dalam proses pemenuhan dosis vaksin, hingga penyebaran informasi-informasi hoax di tengah masyarakat yang membuat seseorang menjadi enggan untuk melakukan vaksinasi. Namun, hal tersebut mampu dilewati secara bersama-sama oleh masyarakat dan pemerintah, sehingga vaksinasi nasional kini telah mencapai angka 175 juta dosis vaksin.

175 juta dosis vaksin yang telah diberikan masyarakat tersebut terdiri dari 110 juta masyarakat yang mendapatkan dosis pertama, dan 65 juta masyarakat yang telah mendapatkan dosis vaksin kedua. Dengan angka tersebut, Indonesia berhasil menjadi negara dengan laju vaksinasi terbaik diantara negara non produsen vaksin. Selain itu, Indonesia juga berhasil menduduki posisi 5 di dunia sebagai negara yang memiliki capaian angka vaksinasi terbanyak, dan posisi 6 dunia untuk jumlah masyarakat yang telah divaksinasi.

Pencapaian tersebut diharapkan bisa terus meningkat seiring dengan terbentuknya kesadaran terkait pentingnya melaksanakan vaksinasi Covid-19 di tengah masyarakat Indonesia. Dengan melakukan vaksinasi, seseorang tidak hanya memberikan manfaat kepada diri sendiri, namun memberikan manfaat kepada lingkungan sekitar, dengan menjadi salah satu kontributor dalam terbentuknya kekebalan kelompok atau Herd Immunity.

Sumber :

1. https://covid19.go.id/edukasi/masyarakat-umum/indonesia-jadi-negara-terbaik-untuk-laju-vaksinasi-covid-19-di-antara-negara-non-produsen-vaksin