Waspada Penyebaran Covid-19 dari pasien Tak Bergejala

279

Waspada Penyebaran Covid-19 dari pasien Tak Bergejala

Peningkatan kasus aktif Covid-19 varian omicron yang masih cukup masif menyebar di tengah masyarakat di Indonesia, menjadi hal yang perlu mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah, tenaga kesehatan, maupun masyarakat itu sendiri. Hal ini dikarenakan tingkat penyebaran varian omicron yang cukup tinggi dan melebihi kemampuan delta dalam penularan. Sehingga dengan demikian, pemerintah berusaha mengupayakan berbagai macam kebijakan seperti pelaksanaan vaksinasi booster dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di beberapa titik di Indonesia

Meski mayoritas dari pasien yang terkonfirmasi positif covid-19 mengalami kesembuhan, namun proses penyebarannya harus terus ditekan dan diwaspadai, mengingat mayoritas pasien mengalami gejala ringan dan tanpa gejala, sehingga sulit untuk membedakan pasien yang terinfeksi dan tidak terinfeksi.

Menjawab hal demikian, Prof. Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 dalam Keterangan Pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat menerapkan sikap kehati-hatian agar dalam melakukan aktifitas baik didalam maupun diluar ruangan.

Mari tingkatkan kepedulian dengan bersama-sama membentuk Herd immunity di tengah masyarakat dengan mengikuti vaksinasi dosis lengkap dan booster, agar meminimalisir kematian dan hospitalisasi akibat paparan Covid-19. Segera lakukan isolasi mandiri serta pemeriksaan melalui Telemedicine untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan yang cepat dan tepat.

Sumber :

1.       https://covid19.go.id/artikel/2022/02/10/prof-wiku-ketat-prokes-3m-adalah-sikap-bijak-mengantisipasi-orang-positif-tanpa-gejala