Waspadai Banjir Bandang dengan 5 Langkah

202

Waspadai Banjir Bandang dengan 5 Langkah

Di tengah musim hujan seperti saat ini, terdapat beberapa bencana alam yang berpotensi untuk terjadi ditengah masyarakat, seperti banjir, longsor hingga banjir bandang.

Banjir bandang adalah banjir yang datang tiba-tiba dengan debit air besar akibat terbendungnya aliran sungai pada alur sungai.

Dampak banjir bandang cukup beragam, mulai dari hancurnya jembatan, hancurnya rumah hingga dapat memakan korban jiwa. Melihat kondisi tersebut, maka penting bagi kita untuk bisa menerapkan sikap siaga untuk menghadapi potensi banjir bandang yang mungkin terjadi.

Tips Siaga Menghadapi Banjir Bandang.

Berikut ini adalah beberapa tips siaga menghadapi banjir bandang yang dapat dilakukan oleh masyarakat, diantaranya adalah:

  1. Segera melakukan evakuasi ke tempat yang tinggi saat banjir terjadi.

  2. Tetap waspada terhadap lingkungan sekitar, seperti arus bawah air, saluran air hingga kubangan.

  3. Segera matikan semua jaringan arus listrik apabila sudah ada instruksi dari pihak yang berwenang. Tidak lupa juga untuk mencabut alat-alat yang tersambung aliran listrik dan jangan menyentuh alat-alat yang dapat menghantarkan listrik.

  4. Jangan mengemudikan motor ataupun mobil apabila volume air sudah naik.

  5. Hati hati saat melangkah dan waspada dengan saluran air atau tempat melintasnya air yang dimungkinkan dilalui oleh arus yang deras.

Dengan menerapkan beberapa tips siaga menghadapi banjir bandang diatas, diharapkan dapat meminimalisir potensi atau kemungkinan terburuk dari terjadinya banjir bandang di sekitar kita.

Terapkan perilaku hidup bersih dan sehat saat berada di lokasi pengungsian dan segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami cedera saat melakukan evakuasi agar bisa segera bisa mendapatkan penanganan sedini mungkin.