Waspadai Sindrom Burnout Akibat Stress Berkepanjangan

Selasa, 24 Agustus 2021

26

Waspadai Sindrom Burnout Akibat Stress Berkepanjangan

Stress merupakan sebuah kondisi dimana tubuh kita mengalami reaksi baik secara fisik maupun mental (emosional) apabila menghadapi sebuah kondisi dan kita diharuskan untuk beradaptasi. Kondisi ini merupakan hal yang sangat umum dirasakan oleh semua orang ketika menghadapi suatu hal tertentu dalam kegiatan sehari – hari.

Hal ini juga bisa dirasakan oleh seseorang yang bekerja. Situasi sulit dan juga beban kerja berlebih, merupakan salah satu bentuk pemicu sebuah sindrom yang bernama SIndrom Burnout.

Sindrom Burnout ini merupakan sebuah istilah psikologi yang menyebabkan seseorang mengalami reaksi tertentu yang mengacu pada kondisi kelelahan dalam bekerja. Berikut ini adalah beberapa efek yang muncul akibat Sindrom Burnout ini :

  1. Kelelahan Fisik 
    Kondisi ini akan membuat seseorang selalu merasa kelelahan dan kurang energy sepanjang hari sehingga sangat berisiko mengalami kecelakaan kerja
  2. Kelelahan Emosional
    Dengan kondisi ini seseorang akan merasa depresi, perasaan tidak berdaya, dan selalu merasa terperangkap dalam pekerjaannya.
  3. Kelelahan Sikap/Mental
    Sinis terhadap orang lain, bersikap negatif kepada orang lain & cenderung merugikan diri sendiri dan orang sekitar merupakan salah satu gambaran seseorang ketika berada dalam kondisi kelelahan sikap/mental
  4. Perasaan Penghargaan Diri yang Rendah

Dengan mengetahui keempat hal diatas, diharapkan kita mampu mempertimbangkan sejauh mana kita mampu mengerjakan pekerjaan yang diberikan. Selain itu, apabila merasakan hal – hal diatas, segera komunikasikan dengan tenaga kesehatan agar bisa mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Sumber =

1. https://www.instagram.com/p/CS3W7T0pS2a/ 

2. http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/stress/apakah-yang-dimaksud-stres-itu