Dukungan Kesehatan Pada Rangkaian Kegiatan Sail Karimata 2016

Share
By Staff PKK November, 04 2016 Kegiatan Pusat Krisis Kesehatan
Dukungan Kesehatan Pada Rangkaian Kegiatan Sail Karimata 2016

Sail Karimata 2016, merupakan sebuah kegiatan tahunan yang rutin dilakukan, kegiatan ini diselenggarakan sebagai salah satu bagian dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan republik Indonesia yang ke-71. Penyelenggaraan acara ini juga melibatkan berbagai Kementerian/Lembaga yang dikoordinasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Maritim. Selain itu acara ini juga bertujuan untuk menjadi salah satu upaya percepatan pembangunan dan juga pengembangan potensi sumber daya kelautan dan juga sektor pariwisata Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya kepada masyarakat yang tertinggal di daerah pesisir. Sebagai langkah upaya mendukung acara ini dari segi pelayanan kesehatan, Kementerian Kesehatan melalui Pusat Krisis Kesehatan melakukan Kegiatan Pelayanan Kesehatan Kesehatan Sail Selat Karimata 2016 di Kabupaten Kayong Utara Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2016 untuk mengatasi adanya potensi permasalahan kesehatan saat acara berlangsung.

Diawali dengan koordinasi yaitu Kegiatan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi kegiatan Sail Karimata tahun 2016 yang pelaksanaannya dilakukan dari tingkat pusat hingga daerah. Rapat Tingkat Pusat sendiri sudah dilakukan dari awal bulan Februari 2016 oleh Pusat Krisis Kesehatan dalam lingkungan Kementerian Kesehatan. Rapat Koordinasi tingkat daerah dengan Kadinkes Provinsi Kalbar sudah dilakukan oleh Pusat Krisis Kesehatan yang dipimpin oleh Kepala Pusat Krisis Kesehatan sejak tanggal 21 Maret 2016. Dinkes Provinsi Kalbar siap ikut menyukseskan Acara Puncak Sail Karimata 2016 di Kabupaten Kayong Utara.

Rangkaian kegiatan persiapan pelayanan kesehatan untuk mendukung acara Sail Karimata 2016 telah dilakukan seperti kegiatan penyiapan kapasitas SDM yang terlibat dengan menyelenggarakan kegiatan kegiatan pelatihan atau drill. Dalam kegiatan peningkatan kapasitas SDM ini diikuti oleh 50 peserta tenaga kesehatan. Lalu setelah mendapatkan materi pelatihan atau drill, tenaga SDM ini juga dilatih melalui kegiatan Gladi atau Simulasi untuk menyempurnakan materi yang telah didapat. Selain itu persiapan kebutuhan medis lain juga disiapkan seperti pemenuhan stok obat-obatan, alat kesehatan hingga gudang farmasi tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Kegiatan penyiapan pelayanan kesehatan dilakukan meliputi Penyiapan Pelayanan Kesehatan untuk VVIP dan VIP serta Masyarakat yang terlibat dan hadir pada acara Puncak Sail Karimata 2016 ini. Sejak tanggal 23 Maret 2016, sudah dilakukan koordinasi antara Pusat Krisis Kesehatan dan Ka Kesdam dan Ka Runkit dimana dalam koordinasi ini Tim Kementerian Kesehatan dipimpin oleh Kepala Pusat Krisis Kesehatan menyepakati bersama dengan Ka Kesdam dan Ka Runkit untuk persiapan Pelayanan Kesehatan VVIP yang bekerjasama dengan Pasukan Pengawal Kepresidenan.

Lalu pada tanggal 21 Maret Tim Kementerian Kesehatan RI yang dipimpin oleh Kepala Pusat Krisis Kesehatan mengadakan rapat koordinasi dengan Kadinkes Provinsi Kalimantan Barat yang dilaksanakan di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat. Rapat ini menyepakati bahwa Dinas Kesehatan Provinsi siap memberikan pelayanan kepada tamu VIP.  Setelah itu dilaksanakan juga rapat persiapan akhir yang dihadiri oleh lintas program dari Kementerian Kesehatan dalam rangka penyusunan penyiapan pelayanan kesehatan untuk VVIP, VIP dan Masyarakat Kabupaten Kayong Utara dalam acara puncak Sail Karimata 2016.

Puncak acara Sail Karimata 2016 dilaksanakan di Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat pada tanggal 15 Oktober 2016. Acara ini dibuka oleh Presiden Joko Widodo yang didampingi oleh ibu negara Iriana Joko Widodo.

Rapat Koordinasi Acara Puncak Sail Selat Karimata 2016 di Kabupaten Kayong Utara Propinsi Kalbar

 

Hasil Pertemuan dengan Direktur RSUD Prop. Kalbar RSUD Propinsi Kalbar siap ikut mensukseskan Sail Karimata

 

Dinkes Kabupaten Ketapang siap ikut mensukseskan Sail Karimata

 

Rapat Koordinasi dengan RSUD Ketapang (22 Maret 2016)

 

 

 

 

Foto kegiatan drill teknis di kelas

 

Kegiatan penyiapan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Nakes yang terlibat terdiri dari kegiatan pelatihan atau drill.

 

Apel Gladi kegawat Daruratan  di pimpin oleh Ibu Sekwilda Kabupaten Kayong Utara

 

 

Gladi Kotor Laka Laut

 

Gladi Bersih Laka Laut

 

Gladi Kotor Laka Darat

 

Gladi Bersih Laka Darat

 

Gladi Kotor Penanganan Serangan Jantung

 

Gladi Bersih Penanganan Serangan Jantung

 

Foto Bersama

 

 

 

 

 

 

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait