Kegiatan Assesment Kapasitas Daerah dalam Manajemen Penanggulangan Krisis Kesehatan di Provinsi Kalimantan Selatan, Kabupaten Kota Baru dan Tanah Laut, 21-25 Maret 2017

Share
By Staff PKK March, 21 2017 Kegiatan Pusat Krisis Kesehatan
Kegiatan Assesment Kapasitas Daerah dalam Penanggulangan Krisis Kesehatan di Provinsi Kalimantan Selatan, Kabupaten Kota Baru dan Tanah Laut, 21-25 Maret 2017

Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan selama tahun  2015 – 2019 menetapkan 170 kab/kota rawan bencana sebagai target kegiatan Pengurangan Risiko Bencana.  Penetapan sasaran kab/kota  target merupakan kombinasi target renstra BNPB yaitu136 Kab/Kota selama 2015-2019,serta daerah bermasalah kesehatan perbatsan dan kepulauan. kegiatan yang dilaksanakan merupakan rangkaian kegiatan mulai dari assesment kapasitas daerah dalam penerapan manajemen penenggulangan krisis, pendampingan penyusunan peta respons dan peta kapasitas daerah, pendampingan penyusunan rencana kontinjensi bidang kesehatan, table top exercise, dan geladi.

Kegiatan Assesment 34 kab/kota tahun 2017 ini merupakan rangkaian kegiatan pengurangan bencana di tahun ke 3 , setelah sebelumnya telah dilaksanakan di 34 kab/kota pada tahun 2015 dan 34 kota lagi di tahun 2016. Untuk tahun 2017, Kabupaten Kota Baru dan Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan merupakan salah satu sasaran kegiatan penilaian kapasitas daerah dalam penerapan penanggulangan krisis kesehatan. Untuk Kab Kota Baru, kunjungan selain Dinas Kesehatan kabupaten, Tim PKK mengunjungi RSUD Kota Baru, BPBD Kab Kota Baru dan Puskesmas Mekarpura yang merupakan puskesmas daerah rawan bencana.

Sedangkan di Kabupaten Tanah Laut selain mengunjungi Dinas Kesehatan, dan RSUD Tanah Laut juga mengunjungi Puskesmas Bati Bati, yaitu puskesmas yang berada di daerah perbatasan dengan Kab Banjar Baru dengan wilayah kerja rawan bencana banjir, Laka Lalin dan rawan terhadap bencana industri, karena lokasi nya berdekatan dengan 3 pabrik, yakni pabrik makanan, pabrik pakan dan asbes. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 21 sd 25 Maret 2017, merupakan bagian dari rangkaian kegiatan penurunan risiko bencana kab/kota yang merupakan target renstra Kemenkes tahun 2017.

Pelaksanaan Kegiatan ini terdiri dari wawancara mendalam dan visitasi dinas kesehatan provinsi, dinas kesehatan kabupaten dan kota, RSUD provinsi dan kabupaten, dan puskesmas. Tindak lanjut dari kegiatan penilaian kapasitas tersebut di atas dilanjutkan dengan kegiatan pendampingan penyusunan peta respons dan peta kapasitas daerah, pendampingan penyusunan rencana kontinjensi bidang kesehatan, table top exercise, dan geladi.

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait