Tetap Aman Dari COVID-19 Walau Sedang Bekerja, Berikut Tipsnya!

Share
By Webmaster May, 29 2020 ARTIKEL COVID-19
Tetap Aman Dari COVID-19 Walau Sedang Bekerja, Berikut Tipsnya!

Pandemi COVID-19 tidak bisa dianggap remeh. Selama 2 bulan lebih, sudah lebih dari 1.300 orang meninggal duniadi Indonesia akibat (COVID-19). Oleh karena itu, semua warga dihimbau untuk terus berada di rumah dan menjaga kesehatan diri mereka masing-masing.

Namun begitu, sebagian masyarakat mengklaim bahwa mereka tidak bisa tetap berada di rumah karena harus masuk ke tempat kerja demi mencari nafkah. Yang berpendapat demikian biasanya adalah kepala rumah tangga. Nah, jangan khawatir. Anda bisa tetap aman selama berada di tempat kerja dengan berbagai tips berikut ini.

Tips Tetap Aman Dari COVID-19 Walau Sedang Bekerja

Bekerja di tempat publik memang berisiko membuat kita bertemu dengan banyak orang, yang juga berarti memperbesar risiko penularan COVID-19. Anda tidak perlu khawatir jika memang memiliki keharusan untuk bekerja di tempat Anda mencari nafkah. Untuk bisa tetap aman ketika berada di tempat kerja, berikut ini tips yang bisa Anda terapkan :

  1.    Ketika berada di perjalanan menuju tempat kerja

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah kondisi kesehatan, jika dirasa tidak memungkinkan utuk masuk bekerja segeralah absen kepada atasan. Jika memungkinkan, selalu gunakan pakaian panjang ketika pergi keluar dari rumah, termasuk ke tempat kerja. Selain itu, selalu gunakan masker dan usahakan untuk tidak menggunakan transportasi umum.

Jika memang Anda berniat dan terpaksa untuk menggunakan kendaraan umum, terapkan PSBB seperti menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain. Selain itu, selalu gunakan masker dan hindari kontak fisik dengan penumpang lain. Usahakan untuk tidak membayar dengan uang tunai, dan jangan menyentuh fasilitas umum kecuali sudah menggunakan hand sanitizer sebelumnya.

  1.    Ketika berada di tempat kerja

Berada di tempat kerja bukan berarti Anda sudah berada pada zona aman. Justru di tempat ini Anda harus sering-sering melakukan berbagai hal berikut ini untuk menjaga kesehatan :

  •          Ketika tiba, langsung cucilah tangan menggunakan sabun dan air mengalir.
  •          Jangan lupa untuk menggunakan siku ketika menekan tombol lift maupun membuka pintu kantor.
  •          Jaga jarak ketika berada di lift, selain itu hindari penggunaan absensi finger print.
  •          Rutinlah membersihkan meja menggunakan disinfektan.
  •          Jaga jarak dengan orang lain di tempat kerja minimal 2 meter, dan upayakan untuk tidak sering menyentuh fasilitas atau peralatan di sana dengan tangan.
  •          Jangan lupa untuk hindari kontak fisik, dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat selama di tempat kerja.
  1.    Bagi pekerja di area publik

Bagi Anda yang bekerja di tempat publik, jangan lupa untuk selalu mengenakan masker demi kesehatan pernafasan Anda sendiri. Selain itu, selalu jaga jarak aman dan terapkan penggunaan hand sanitizer selama maksimal 4 jam sekali.

  1.    Ketika tiba di rumah

Ketika berada di rumah, segera lepas pakaian yang Anda kenakan untuk bekerja. Jangan bersentuhan dengan barang-barang di rumah atau anggota keluarga lain jika belum mandi dan berganti pakaian. Masker yang Anda kenakan juga sebaiknya dicuci, atau dirobek jika modelnya adalah masker sekali pakai. Setelah itu, usahakan membersihkan barang-barang yang dibawa lainnya dengan disinfektan.

Itulah beberapa tips sehat walau Anda tidak bisa terus berada di rumah dan harus bekerja di luar. Salam sehat!

 

(Informasi Puskris)

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait