2 Point Pembelajaran Bagi Indonesia dalam Menghadapi Kemungkinan Third Wave

Monday, 27 September 2021

58

2 Point Pembelajaran Bagi Indonesia dalam Menghadapi Kemungkinan Third Wave

Adanya lonjakan kasus Covid-19 yang cukup tinggi pada bulan Juli 2021, membuat pemerintah harus menetapkan bahwa pada bulan tersebut, Indonesia mengalami gelombang kedua atau Second Wave pandemi Covid-19. Dalam keterangannya pada keterangan Pers terkait Perkembangan Penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Selasa (14/9/2021), prof. Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, menyatakan bahwa  perkembangan Indonesia yang cukup terkendali saat ini harus dipertahankan secara maksimal. Agar Indonesia tidak masuk ke dalam third wave seperti yang dialami beberapa negara.

Dengan melandainya angka kasus paparan Covid-19 saat ini, ada beberapa hal yang dapat dijadikan pelajaran oleh pemerintah dan masyarakat Indonesia dalam rangka mencegah dan mempersiapkan diri dalam menghadapi Third Wave atau gelombang ketiga kedepannya :

  1. Adanya pembukaan akses publik bagi masyarakat, diharapkan diimbangi dengan kepatuhan sungguh-sungguh dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan 5M
  2. Dengan melihat pola lonjakan di Indonesia yang berselang 3 bulan dari dunia serta negara lain  seperti India, Malaysia dan Jepang, maka sikap waspada dan disiplin protokol kesehatan diharuskan agar tidak menyusul negara lain mengalami third wave.

Jika dilihat dalam dua poin diatas, maka kepatuhan dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dimanapun dan kapanpun selama masa pandemi Covid-19, merupakan poin utama dalam mengatasi adanya lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia. Maka dengan demikian, masyarakat dan pemerintah dapat mengambil pelajaran dengan memperkuat proteksi diri dan lingkungan dengan melakukan vaksinasi serta menjalankan protokol kesehatan 5M.

Sumber :

1. https://covid19.go.id/berita/pengalaman-menjadi-pembelajaran-penting-mencegah-third-wave-di-indonesia