Alur Pelayanan Vaksinasi Covid-19 Dua Meja

Jumat, 21 Mei 2021

36

Alur Pelayanan Vaksinasi Covid-19 Dua Meja

Alur pelayanan Vaksinasi Covid-19 saat ini lebih efisien dan efektif, di mana tahapan pelayanannya dipersingkat menjadi 2 meja, sehingga dapat menghemat waktu dan mengurangi potensi kerumunan akibat antrian yang terlalu lama.

Penyederhanaan alur pelayanan vaksinasi Covid-19 ini merupakan inovasi dari Kementerian Kesehatan RI sebagai bentuk komitmen untuk mencegah dan menanggulangi penyebaran Covid-19. Selain lebih efektif dan efisien, penyederhanaan alur pelayanan vaksinasi Covid-19 juga dilakukan agar protokol kesehatan selama pandemi berjalan sesuai yang telah dianjurkan.

Berikut ini adalah mekanisme/alur pelayanan di Puskesmas, fasilitas pelayanan kesehatan, lainnya maupun pos pelayanan vaksinasi yang akan berlaku.

1. Ruang Tunggu
Pada ruang tunggu, petugas kesehatan akan memeriksa sasaran untuk memastikan sasaran tersebut sudah terdaftar melalui website pedulilindungi.id serta memberikan kertas kendali yang harus diisi oleh sasaran.

2. Meja 1
Pada meja 1 sasaran akan melakukan proses skrinning. Apabila sasaran lolos tahapan skrinning maka sasaran akan langsung mengikuti proses vaksinasi.

3. Meja 2
Setelah selesai diberikan vaksin, sasaran akan lanjut menuju meja 2. Pada meja 2 ini, petugas akan melakukan pencatatan termasuk pendaftaran dan perubahan data serta sasaran akan dibservasi untuk mencegah KIPI selama 15 menit.

Adanya penyederhanaan ini diharapkan masyarakat Indonesia dapat segera melakukan vaksinasi Covid-19 dan terus mendukung program vaksinasi Covid-19. Hal tersebut dikarenakan vaksinasi Covid-19 dapat mencegah penyebaran Covid-19 serta dapat melindungi diri dan keluarga dari paparan Covid-19.

Selain itu, meski sudah divaksin, masyarakat diharapkan tetap disiplin protokol kesehatan. Hal tersebut dikarenakan semua masyarakat belum melakukan vaksinasi sehingga risiko penularan tetap tinggi. Tetap menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun minimal 20 detik, menjaga jarak minimal 1 meter, membatasi mobilitas, dan menghindari kerumunan untuk memutus rantai penularan Covid-19.

https://www.instagram.com/p/CPDKL8rh5Sq/?utm_medium=share_sheet