Apa Tahapan dan Manfaat Vaksinasi Covid-19 di Indonesia?

Kamis, 22 Juli 2021

228

Apa Tahapan dan Manfaat Vaksinasi Covid-19 di Indonesia?

Vaksinasi Covid-19 di Indonesia adalah salah satu upaya pemerintah dalam mencegah persebaran virus Covid-19. Tujuan adanya vaksin ini adalah untuk membentuk kekebalan tubuh agar mampu melawan virus dan memperlancar aktivitas suatu kelompok masyarakat.

Vaksinasi untuk tahap pertama sudah usai, sekarang Indonesia memasuki vaksinasi tahap ke dua. Tahap ini diperuntukkan bagi masyarakat yang memiliki aktivitas lebih banyak dari orang lain. Aktivitas yang lebih ini memungkinkan orang tersebut terpapar virus corona.

Antusiasme masyarakat menyambut adanya vaksinasi Covid-19 ini sangat baik. Apalagi saat ini kasus Covid-19 kembali tinggi akibat adanyaarian baru dari virus corona. Sudah banyak warga Indonesia yang melakukan vaksin, bahkan banyak juga rumah sakit yang memberikan layanan vaksin gratis.

Manfaat Vaksinasi Covid-19 di Indonesia

Secara garis besar tujuan vaksinasi Covid-19 adalah untuk mencegah laju persebaran virus corona. Sistem kekebalan tubuh manusia sebenarnya sudah bisa melawan virus atau penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Namun, virus Covid-19 ini berbeda dengan virus biasa. Covid-19 bisa menimbulkan kematian. Untuk itu diperlukan vaksin untuk mempertebal sistem imun yang ada di dalam tubuh anda. Maka dari itu vaksin memiliki banyak manfaat, diantaranya:

  1. Mencegah terjadinya gejala Covid-19
    Vaksin memang bukan obat untuk menghindari dari virus Covid-19 atau membuat anda kebal dari virus tersebut. Vaksin hanya mengurangi gejala yang timbul. Seseorang akan menjadi lebih kebal imunitasnya dalam memerangi penyakit yang datang ke dalam tubuh. Sehingga gejalanya tidak terlalu parah. Vaksin ini juga akan melindungi tubuh dari penyakit Covid-19. Untuk itu meskipun anda sudah divaksin, tetap direkomendasikan untuk menjaga protokol kesehatan.

  2. Melindungi orang sekitar anda
    Melakukan vaksin juga bisa mencegah menularkan virus ke orang lain. Semakin banyak orang yang melakukan vaksin, maka semakin besar penurunan tertular Covid-19. Misalnya saja suatu kelompok orang yang melakukan vaksin memiliki kekebalan tubuh yang kuat dan meminimalisir terjadi penularan. Hal ini akan melindungi kelompok lain yang lebih rentan terhadap virus dan bukan bagian atau sasaran dari vaksinasi.
    Vaksinasi Covid-19 di Indonesia kini sudah mulai merata. Semua kota memang sudah memberikan layanan vaksinasi gratis. Walaupun belum mencangkup secara keseluruhan.

  3. Untuk membantu melindungi generasi selanjutnya
    Jika dengan vaksin kita bisa menghentikan pandemi dan memutus penularan virus Covid-19, maka kita bisa melindungi generasi selanjut. Mereka bisa terbebas dari derita panjang yang kita alami untuk melawan virus mematikan ini.
    Sejarah telah mencatat berbagai virus menyakitkan yang pernah ada dengan adanya Covid-19 mereka bisa melawan virus itu dan kita bisa menikmati kehidupan itu sekarang.

Tahapan Vaksinasi Covid-19

Vaksinasi Covid-19 di Indonesia memiliki empat tahap untuk melakukan vaksin. Berikut tahapan-tahapan yang harus anda ketahui.

  1. Vaksinasi tahap pertama
    Vaksin tahap awal ini tentu diutamakan untuk seluruh tenaga kesehatan, penunjang tenaga kerja, para asisten tenaga kerja, dan para mahasiswa yang sedang menjalan pendidikan dokter yang membantu pelayanan kesehatan.
  2. Vaksinasi tahap kedua
    Untuk kali ini tahapan vaksinasi akan mencangkup banyak kalangan. Salah satunya adalah petugas layanan publik. Untuk vaksin petugas ini meliputi pegawai publik yang selalu bersinggungan dengan banyak orang, seperti petugas bandara, TNI, kepolisian, dan petugas publi lainnya. Tahap ini akan diberlakukan juga untuk para lansia yang berumur kurang lebih 60 tahun.
  3. Vaksinasi tahap ketiga
    Untuk tahap ini untuk masyarakat rentan.
  4. Vaksinasi tahap keempat
    Untuk yang terakhir ini diperuntukkan para masyarakat selaku pelaku ekonomi dengan pendekatan klaster sesuai dengan ketersediaan vaksin.

Penyesuaian tahapan vaksinasi Covid-19 di Indonesia ini di dasarkan pada ketentuan yang telah di tetapkan oleh WHO. Dalam pelaksanaannya pun pemberian vaksin ini juga berdasarkan kriteria orang yang boleh dan tidak boleh melakukan vaksin. Jika anda sehat secara jasmani dan rohani berarti bisa melaksanakan vaksin, namun kalau anda sedang sakit, memiliki penyakit bawaan, memiliki usia di bawah 18 tahun, memiliki autoimun, ibu yang hamil dan menyusui, serta baru sembuh Covid-19 tidak bisa melakukan vaksin.