Bantuan 1.500 Unit Oxygen Concentrator dari Pemerintah Singapura tiba di Jakarta

Tuesday, 13 July 2021

240

Bantuan 1.500 Unit Oxygen Concentrator dari Pemerintah Singapura tiba di Jakarta

Peningkatan kasus COVID-19 yang sangat tinggi di Indonesia membuat sektor kesehatan harus bekerja keras. Salah satu yang dibutuhkan oleh Indonesia saat ini adalah pasokan oksigen untuk membantu pasien COVID-19 yang mengalami penurunan saturasi hingga menyebabkan kesulitan pernafasan.

Pemerintah Indonesia mendapatkan bantuan dari Pemerintah Singapura melalui Temasek, sebanyak 1.500 unit oxygen concentrator dengan total 35.457 kg untuk penanganan COVID-19. Bantuan tersebut berada di Shanghai, RRT. Sehingga pada Senin (12/7) Pemerintah Indonesia mengambil langsung bantuan tersebut dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Tim yang ditugaskan dalam penjemputan bantuan adalah 1 orang dari Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan, 1 orang dari Kementerian Luar Negeri dan kru pesawat.

Setelah melalui proses pemuatan barang dan dokumen perjalanan selesai. Selasa (13/7) bantuan langsung diberangkatkan dari Shanghai menuju Bandara Soekarno-Hatta Jakarta dan tiba pada pukul 15.30 WIB.

Diharapkan bantuan oxygen concentrator yang diberikan oleh negara sahabat ini dapat membantu upaya penanggulangan pandemi COVID-19 di tanah air, serta turut mencerminkan hubungan baik Indonesia dan Singapura.