Kemenkes Distribusikan Logistik Kesehatan untuk Penanganan COVID-19

Selasa, 12 Mei 2020

487

Kemenkes Distribusikan Logistik Kesehatan untuk Penanganan COVID-19

Kementerian Kesehatan telah mendistribusikan jutaan logistik kesehatan untuk penanganan COVID-19 ke 34 provinsi di Indonesia. Per 11 Mei 2020, logistik kesehatan yang telah sampai ke daerah yaitu Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 1.793.095 pcs, alat Rapid Test sejumlah 691.500 pcs dan  masker bedah sebanyak 13.212.020 pcs.

Provinsi penerima bantuan terbanyak adalah Provinsi DKI Jakarta, hal ini dikarenakan jumlah kasus COVID-19 terbanyak di Indonesia adalah DKI Jakarta, diikuti dengan Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah. Bantuan sudah didistribusikan secara merata oleh Kemeneterian Kesehatan, didahului dengan kajian terkait jumlah kasus dan permintaan kebutuhan dari masing-masing provinsi, tujuannya agar distribusi tepat sasaran.

APD dan rapid test ini didistribusikan melalui Dinas Kesehatan Provinsi. Rumah sakit, puskesmas dan klinik yang membutuhkan masker diminta untuk berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat. Kemenkes terus melakukan kajian kebutuhan logistik kesehatan bersama dengan Dinas Kesehatan Provinsi agar pemenuhan kebutuhan logisitik kesehatan dapat terpenuhi.