Kementerian Kesehatan Serahkan Hibah 83 Unit Ventilator USAID kepada Pemprov Jawa Tengah

Senin, 16 November 2020

20

Kementerian Kesehatan Serahkan Hibah 83 Unit Ventilator USAID kepada Pemprov Jawa Tengah

Pada hari Jumat, 13 November 2020, telah dilakukan acara serah terima secara virtual bantuan 83 unit ventilator tipe LTV 2200 lengkap beserta akesosris dari Kementerian Kesehatan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Bantuan tersebut merupakan bagian dari hibah 1000 ventilator dari Pemerintah Amerika Serikat melalui USAID kepada Kementerian Kesehatan yang telah diterima pada bulan Agustus 2020.

Bantuan ini merupakan tindak lanjut percakapan via telepon antara Presidan AS Donald Trump dengan Presiden RI, Joko Widodo, pada bulan April 2020, sebagai upaya bersama dalam menanggulangi wabah COVID-19.

Pemerintah Amerika Serikat yang diwakili oleh Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Mr. Sung Yong Kim secara virtual menyampaikan bantuan ventilator kepada Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Prof. dr. Abdul Kadir, PhD., Sp.THT-KL(K), MARS yang mewakili Kementerian Kesehatan. Selanjutnya bantuan diserahkan kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Prof. Abdul Kadir menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Amerika Serikat yang telah telah menyampaikan bantuan 1000 ventilaror senilai 16,800,00 Dolar AS. Bantuan tersebut telah didistribusikan kepada 13 provinsi dengan kasus konfirmasi positif COVID-19 terbanyak.

Hibah tersebut juga telah diregistrasi di Kementerian Keuangan tanggal 18 September 2020.

“Harapanya agar hibah ventilator yang disampaikan dapat memberi manfaat yang nyata bagi masyarakat,” kata Dirjen Kadir.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah AS dan Kemenkes atas 83 unit hibah ventilator yang diberikan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

“Bantuan tersebut bukan sekedar bantuan dengan nominal tertentu, melainkan merupakan wujud penghormatan terhadap nilai kemanusiaan yang tinggi. Bahwa di masa pandemi ini, rasa kemanusiaan yang tinggi sangat penting untuk bersama-sama menanggulangi wabah dan membantu masyarakat,” ucap Ganjar.

Acara serah terima yang berlangsung secara virtual tersebut selain dihadiri oleh perwakilan Kementerian Kesehatan, Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, USAID Indonesia, Dinkes Provinsi Jawa Tengah, juga dihadiri oleh perwakilan rumah sakit penerima hibah ventilator. Acara Serah Terima tersebut dilanjutkan dengan pelatihan penggunaan ventilator kepada seluruh RS penerima.

Untuk memastikan keamanan penggunaan ventilatror, USAID memfasilitasi pelatihan kepada tenaga medis dan operatror ventilator, baik dari aspek teknik operasional maupun pemeliharaan. Sejauh ini sudah dilakukan pelatihan penggunaan ventilator di 4 provinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Kalimantan Selatan.

 

sumber : http://sehatnegeriku.kemkes.go.id/