Kerjasama Menciptakan Testing yang Baik di Tengah Masyarakat Indonesia

Thursday, 11 November 2021

44

Kerjasama Menciptakan Testing yang Baik di Tengah Masyarakat Indonesia

Dalam rangka menghadapi kondisi pandemi Covid-19 yang saat ini telah merata di hampir seluruh daerah di Indonesia, diperlukan adanya kesadaran dan kerjasama yang terbangun antara pemerintah sebagai regulator, masyarakat sebagai pelaksana peraturan, dan unsur-unsur lain sebagai pendukung program penanganan Covid-19 yang telah ditetapkan oleh pemerintah agar penanganan pandemi dapat segera membaik dan penyebaran virus dapat dikendalikan.

Proses kerjasama yang harus dilakukan dilakukan adalah pada sektor testing. Terdapat beberapa unsur yang harus terlibat agar proses testing di tengah masyarakat dapat berjalan dengan baik sehingga penanganan dapat segera dilakukan kepada masyarakat yang telah terkonfirmasi Covid-19. Adapun pihak-pihak tersebut adalah :

  1. Laboratorium rujukan pemeriksaan Covid-19 yang terdaftar dalam www.litbang.kemkes.go.id/laboratoriumpemeriksacovid19 bertanggung jawab memberi layanan berkualitas.

  2. Dari sisi produsen bisa melakukan monitoring dan evaluasi kualitas testing kit secara berkala agar terjaga akurasinya

  3. Transparansi dari produsen/institusi kesehatan dengan menyampaikan hasil monitoring dan evaluasi alat tes yang telah digunakan secara berkala.

  4. Masyarakat juga bisa berperan dengan cermat memilih jasa penyedia layanan testing (punya izin dari Kementerian Kesehatan).

Dengan adanya kerjasama yang terbentuk antar elemen dalam mensukseskan program testing selama pandemi Covid-19, diharapkan mampu memberikan kecepatan dan ketepatan penanganan kepada masyarakat Ketika terkonfirmasi positif Covid-19, selain itu juga diharapkan mampu memberikan perlindungan kepada masyarakat dari kesalahan hasil yang dapat menyebabkan persebaran virus Covid-19 dapat semakin meluas di tengah masyarakat.

sumber :

  1. https://covid19.go.id/edukasi/masyarakat-umum/kerja-bareng-dukung-pelaksanaan-testing-covid-19-di-indonesia