KIPI Masih Bersifat Ringan, Masyarakat Tidak Perlu Khawatir

Rabu, 20 Januari 2021

9

Dalam proses peningkatan sistem kekebalan tubuh masyarakat Indonesia dalam menghadapi Covid-19. Pemerintah memiliki gagasan untuk menjalankan program vaksinasi Covid-19. Meski demikian, vaksinasi yang dilakukan akan menimbulkan gejala – gejala ikutan pasca melaksanakan vaksinasi bagi beberapa orang yang memiliki kondisi tubuh tertentu, sehingga hal ini membuat masyarakat sedikit ragu dalam menjalankan program vaksinasi nasional tersebut.

Untuk menjawab keraguan masyarakat, pemerintah bersama dengan Komnas KIPI (Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) bekerjasama untuk melakukan pengawasan dan juga arahan terhadap masyarakat yang merasa memiliki gejala ikutan pasca melakukan vaksinasi Covid-19.

Dalam pengawasannya, Komnas KIPI yang diwakili oleh Prof. DR Dr. Hindra Irawan Satari, Sp.A(K), M. TropPaed, selaku Ketua Komnas KIPI menyatakan bahwa hasil temuan dan laporan yang masuk dalam beberapa waktu terakhir, menunjukan bahwa masyarakat hanya mengalami KIPI ringan dan sesuai dengan jurnal – jurnal yang ada, sehingga saat ini semua dinyatakan sehat dan tidak memerlukan perhatian khusus hingga saat ini.

Prof. Indra juga mengharapkan bahwa masyarakat tidak perlu merasa khawatir dengan efek dari vaksinasi, Komnas KIPI yang merupakan lembaga independen akan memastikan bahwa setiap fasilitas kesehatan yang menyelenggarakan imunisasi wajib memiliki catatan dan laporan KIPI dan Komnas KIPI juga akan terus melakukan kajian terkait adanya hubungan vaksin yang diberikan dengan kejadian yang terjadi.

Sumber :

1. https://covid19.go.id/berita/komnas-kipi-sejauh-ini-semua-laporan-kipi-bersifat-ringan