Kolaborasi lintas sektor dalam Penerapan Protokol Kesehatan di Pasar

Sabtu, 28 November 2020

39

Kolaborasi lintas sektor dalam Penerapan Protokol Kesehatan di Pasar

Kementerian Kesehatan terus menggencarkan kampanye protokol kesehatan, terutama di tempat atau fasilitas umum, termasuk juga di pasar. Kampanye dilakukan dengan kolaborasi berbagai lintas sektor, termasuk diantaranya adalah PD Pasar.

Dirjen Kesehatan Masyarakat dr. Kirana Pritasari, MQIH menyampaikan pasar dipilih sebagai tempat untuk mengkampanyekan protokol kesehatan, karena pasar merupakan tempat bertemunya banyak orang, tempat berinteraksi antar pedagang dan pembeli yang berasal bukan hanya dari pasar tetapi juga dari luar kota yang membawa komoditas pangan.

Hari ini (28/11) Kampanye dilakukan di pasar Gondangdia oleh Dirjen Kesehatatan Masyarakat, didampingi Direktur Kesehatan Lingkungan drg. R Vensya Sitohang, M.Epid, Direktur Usaha dan Pengembangan Perumda Pasar Jaya Anugrah Esa, Kepala Pasar Jaya Gondangdia Imla Hasanah Daulay perwakilan dari Kemendagri, Tim PKK Pusat dan DWP Kemenkes.

Selain di pasar gondangdia, kegiatan serupa juga dilaksanakan di pasar tomang barat dan pasar cibubur di hari dan waktu yang sama.

Diketahui bahwa COVID-19 disebarkan melalui droplet, sehingga dari sisi masyarakat. kewaspadaan terhadap penularan COVID-19 dan semangat untuk tetap patuh terhadap protokol kesehatan menjadi modal utama dalam mencegah penularan. Disamping itu penerapan prinsip pasar sehat juga menjadi hal yang sangat penting.

“Pasar harus menerapkan prinsip pasar sehat jadi harus aman, nyaman, sehat dan memperhatikan standar lingkungan” jelas Kirana.

Anugerah menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan Kemenkes kepada PD pasar jaya yang memiliki semangat yang sama untuk terus menggalakan prokes COVID-19 dan jangan sampai kendor.

Melalui kampanye ini juga sebagai gaung kepada seluruh masyarakat bahwasannya kegiatan di pasar tetap mematuhi protokol kesehatan mulai dari masuk pasar, transaksi jual beli sampai keluar pasar. Adaptasi Kebiasaan Baru ini menjadi budaya bagi pedagang dan pengunjung pasar.

“Kita tidak ingin pasar yang dekat dengan keluarga kita untuk berbelanja bahan makanan menjadi tempat penyebaran COVID-19. Tetap semangat menjalankan protokol kesehatan walaupun nanti ada vaksin tapi yang utama dengan menerapkan protokol kesehatan menjadi keharusan, tetap semangat dan wujudkan Indonesia sehat” tutup Kirana.

Kampanye ini sekaligus memberikan secara simbolis wastafel CTPS kepada PD Pasar dan memberikan masker kepada pedagang dan pembeli yang diharapkan menjadi duta protokol kesehatan 3M (menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak) di Pasar Gondangdia.

 

sumber : Sehatnegeriku.kemkes.go.id