Menekan Lonjakan Kasus Covid-19 dengan Memperkuat Literasi Kesehatan

Thursday, 20 May 2021

13

Menekan Lonjakan Kasus Covid-19 dengan Memperkuat Literasi Kesehatan

Langkah sederhana yang dapat dilakukan oleh seluruh masyarakat dan pemerintah daerah dalam melakukan tindakan preventif menghadapi lonjakan kasus Covid-19 yaitu dengan meningkatkan literasi kesehatan, untuk itu Satgas Penanganan Covid-19 mengajak masyarakat dan otoritas pemerintah di daerah untuk meningkatkan literasi kesehatan. Tujuannya agar masyarakat memahami upaya yang dilakukan dalam mengambil kebijakan akan tepat sasaran.

Dalam keterangannya kepada pers terkait Perkembangan Penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Kamis (20/5/2021) Prof Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 menekankan bahwa Apapun kebijakan yang dirancang, jika tidak diterapkan dengan baik di lapangan, tentunya tidak akan menghasilkan sesuatu yang diharapkan. Sehingga dengan demikian pentingnya literasi kesehatan merupakan hal yang benar-benar harus ditekankan kepada seluruh lapisan masyarakat, pemerintahan, serta instansi-instansi sehingga kebijakan dapat dipahami dan dijalankan dalam penerapan kegiatan sosial dan ekonomi.

Dengan adanya pengetahuan terkait penting nya literasi kesehatan tersebut, diharapkan masyarakat, pemerintah, dan instansi dapat menjalankan kebijakan sebaik mungkin, sehingga terciptanya keteraturan dan keberhasilan dalam upaya penanganan dan pengendalian Covid-19 di Indonesia dapat berjalan sesuai dengan peratura yang telah ditentukan.

Sumber ;

1. https://covid19.go.id/berita/literasi-kesehatan-penting-mencegah-lonjakan-kasus-akibat-mobilitas-arus-balik