Mengapa Vaksinasi Covid-19

Selasa, 26 Januari 2021

11

Mengapa Vaksinasi Covid-19

COVID-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Penyakit ini sudah menginfeksi penduduk di seluruh dunia, tak terkecuali di 34 provinsi di Indonesia, dengan DKI Jakarta menjadi wilayah terbesar penyebarannya.

Penyebaran COVID-19 saat ini semakin tidak terbendung. Hari demi hari angka penularannya semakin meningkat. Data terbaru kasus Covid-19 di Indonesia per 25 Januari 2021 menunjukkan 999.256 orang terinfeksi, 809.488 telah sembuh, dan sebanyak 28.132 orang dinyatakan meninggal dunia.

Jumlah ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan kasus konfirmasi corona terbesar di dunia. Jalan satu-satunya untuk mencegah dan menghentikan penularan COVID-19 adalah melalui vaksinasi.

Vaksinasi Mengurangi Transmisi/Penularan Covid-19

Vaksinasi COVID-19 bertujuan memperkecil jumlah angka penularan, kesakitan dan kematian yang diakibatkan COVID-19. Program vaksinasi diharapkan menciptakan antibodi atau kekebalan tubuh pada suatu kelompok di masyarakat (herd immunity). Hal ini bertujuan untuk memproteksi masyarakat dari COVID-19 agar tidak terjangkit virus dan dapat beraktivitas seperti biasa.

Vaksinasi COVID-19 adalah salah satu upaya penanganan pandemi COVID-19 yang dilakukan pemerintah. Sementara itu, pemerintah juga terus menggalakkan usaha pencegahan lain dengan mengawal ketat penerapan protokol kesehatan 3M. Yakni menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun dan memakai masker (3M).

Sebab, dengan pemberian vaksin akan meningkatkan kekebalan pada seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit, sehingga jika suatu waktu terpapar penyakit tersebut tidak akan sakit, walaupun sakit hanya mengalami sakit ringan dan tidak menjadi sumber penularan.

Diharapkan dengan pemberian vaksinasi COVID-19 secara menyeluruh dapat membentuk kekebalan tubuh suatu kelompok (herd immunity) sehingga dapat menekan angka penularan COVID-19.

Sumber: Paket Advokasi Vaksinasi Covid-19