Mengenal Pentingnya Herd Immunity

Wednesday, 03 November 2021

61

Mengenal Pentingnya Herd Immunity

Salah satu upaya yang ditempuh oleh pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19, adalah dengan membentuk kekebalan kelompok (Herd Immunity), untuk itu pemerintah menggencarkan agenda vaksiasinasi Covid-19 secara nasional. Menurut World Health Organization (WHO) kekebalan kelompok yang juga dikenal sebagai kekebalan populasi, adalah konsep yang digunakan untuk imunisasi, dimana suatu populasi dapat terlindung dari virus tertentu jika ambang cakupan imunisasi tercapai. Kekebalan kelompok tercapai dengan cara melindungi orang dari virus, bukan dengan cara memaparkan orang terhadap virus tersebut.

Dalam keterangan yang diberikan oleh Ilmuwan WHO Dr. Soumya Swaminathan bahwa Covid-19 merupakan virus yang sangat mudah menular, untuk itu harus ada sekitar 60 hingga 70% masyarakat yang telah menerima perlindungan secara maksimal oleh vaksin dan protokol kesehatan untuk menghentikan laju penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat.

Dengan kecepatan pembentukkan kekebalan kelompok di tengah masyarakat melalui vaksinasi Covid-19, maka virus secara alami dapat menghilang lebih cepat jika dibandingkan dengan tidak dilakukan vaksinasi kepada masyarakat. untuk itu, penting bagi kita untuk bisa berpartisipasi dalam penyelenggaraan vaksinasi nasional Covid-19, agar pandemi dapat segera berakhir dan kehidupan sosial ekonomi dapat berjalan seperti sedia kala.

Sumber :

1. https://covid19.go.id/berita/mengulik-tentang-herd-immunity-covid-19