Menjaga Kondisi Kesehatan Jiwa Selama Masa Pandemi

Monday, 26 July 2021

46

Menjaga Kondisi Kesehatan Jiwa Selama Masa Pandemi

Kasus paparan Covid-19 yang terus meningkat meskipun Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diberlakukan, merupakan sebuah peringatan bahwa Indonesia sedang tidak berada di kondisi yang baik-baik saja. Meski kasus kesembuhan dari Covid-19 terus mengalami peningkatan, namun kekhawatiran mengenai meningkatnya kasus pasien meninggal dengan kondisi terpapar Covid-19 juga tidak bisa dihindarkan.

Dengan kondisi pandemi saat ini, hoax juga merupakan hal yang sangat meresahkan masyarakat, karena keinginan seseorang untuk bisa sembuh atau terhindar dari Covid-19 harus disisipi kabar hoax yang dibuat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Semua ini membuat simpang siur informasi di tengah masyarakat semakin memburuk dan pada akhirnya seseorang harus jatuh sakit atau bahkan meninggal akibat kabar – kabar yang tidak memiliki sumber yang jelas.

Untuk beberapa orang khususnya anak muda, kondisi seperti ini akan sangat mempengaruhi kondisi mental atau kesehatan jiwa mereka. Simpang siur informasi, perdebatan di sosial media mengenai Covid-19 dan informasi statistik mengenai perkembangan Covid-19 di Indonesia membuat kekhawatiran berlebih bagi beberapa orang khususnya anak muda. Dengan kondisi ini, Kementerian Kesehatan memberikan himbauan untuk bisa menjaga dan melindungi kesehatan jiwa anak muda menjadi sebuah bahasan yang serius dan mendapatkan perhatian.

Berikut ini adalah tips melindungi kesehatan jiwa selama masa pandemi Covid-19 yang dijelaskan oleh Kementerian Kesehatan :

  1. Berbincang dengan Orang Terdekat

Menjaga komunikasi, saling bercerita dan juga menyampaikan keluh kesah kepada teman, keluarga maupun orang – orang terdekat merupakan cara yang efektif dan sederhana untuk memperbaiki kondisi hati dan juga menurunkan rasa kekhawatiran.

  1. Batasi Informasi yang Tidak Benar dan Tidak Baik

Mencukupkan sebuah informasi melalui situs dan web terpercaya merupakan hal yang bisa dilakukan untuk menghindari misinformasi dan juga kebingungan dengan informasi-informasi yang beredar.

  1. Berolahraga

Selain bisa meningkatkan kesehatan dan imun dalam tubuh yang baik untuk melawan Covid-19, olahraga juga mampu membantu seseorang untuk mendapatkan kondisi perasaan yang lebih baik.

Dengan menerapkan beberapa langkah di atas, masyarakat Indonesia khususnya anak muda, mampu memiliki kesehatan jiwa yang baik dan lebih siap untuk menghadapi kehidupan sehari-hari serta terhindar dari kekhawatiran berlebih dengan kondisi pandemi saat ini.

Sumber :

  1. http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/stress/bagaimana-cara-melindungi-kesehatan-jiwa-di-masa-pandemi-covid-19