Pemerintah menerima bantuan dan dukungan dari Singapura dan Australia dalam menghadapi pandemi COVID-19 di Indonesia

Sabtu, 10 Juli 2021

53

Pemerintah menerima bantuan dan dukungan dari Singapura dan Australia dalam menghadapi pandemi COVID-19 di Indonesia

Indonesia menerima bantuan dan dukungan dari Luar Negeri untuk mempercepat penanggulangan pandemi COVID-19, yang mana dalam beberapa waktu terakhir mengalami lonjakan kasus yang tinggi. Diantaranya Pemerintah Indonesia menerima bantuan dari Pemerintah Singapura dan Australia.

Bantuan berupa 200 ventilator, 256 tabung oksigen kosong ukuran 40 liter serta 30 unit oksigen konsetrator yang dibawa menggunakan dua pesawat Singapore Air Force C130 di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta pada Jumat pagi (9/7) dan selanjutnya dilakukan serah terima perwakilan dari Pemerintah Singapura kepada Pemerintah Indonesia yang dihadiri oleh Plh. Kepala Pusat Krisis Kesehatan, Dr. Sumarjaya, S.Sos, SKM, MM, MFP, C.F.A, Kepala Biro Umum Kementerian Luar Negeri, Perwakilan Kedubes Singapura, Perwakilan Puskesmas TNI, Kemenhan serta Danlanud Halim.

Pada malam harinya di tempat yang berbeda, di kargo Bandara Soekarno Hatta. Pemerintah Indonesia kembali menerima bantuan hibah dari Pemerintah Australia berupa 1000 ventilator. Serah terima bantuan kembali dihadiri oleh Plh. Pusat Krisis Kesehatan, Dr. Sumarjaya, S.Sos, SKM, MM, MFP, C.F.A, Perwakilan Kementerian Luar Negeri, A. Arief Adnan dan Perwakilan Kedubes Australia, Daniel Woods.

Setibanya di Indonesia, seluruh bantuan tersebut selanjutnya akan di kalibrasi dan dilakukan pengecekan fungsi di pusat Fasyankes serta Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) untuk memastikan keselamatan dan keamanan alat-alat kesehatan. 

Semoga dengan dukungan dan kerjasama yang diberikan oleh sejumlah negara sahabat terhadap Indonesia dapat membangun solidaritas global dalam mempercepat penanggulangan pandemi COVID-19 di dunia.