Pemerintah Mengupayakan Pemenuhan Kebutuhan Dokter dan Perawat dalam Penanganan Covid-19

Selasa, 13 Juli 2021

117

Pemerintah Mengupayakan Pemenuhan Kebutuhan Dokter dan Perawat dalam Penanganan Covid-19

Pemerintah terus mengupayakan kebutuhan dokter dan perawat dalam penanganan kasus Covid-19 dimana beberapa hari terakhir juga terjadi peningkatan kasus Covid-19, diiringi dengan ditambahnya tempat tidur dan rumah sakit untuk perawatan pasien Covid-19.

Hal ini disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan pers virtual pada rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo hari Senin, 12 Juli 2021.

Saat ini sudah diidentifikasi kebutuhan 16-20 ribu perawat dan sudah dipersiapkan serta identifikasi tenaga perawat yang sudah lulus sekolah, uji kompetensi, dan masih di tingkat akhir, sebagaimana instruksi dari Presiden bahwa akan dikoordinasikan agar perawat-perawat ini bisa segera digerakkan dan cepat masuk ke praktik.

Budi menambahkan bahwa diperkirakan terdapat kebutuhan tiga ribu dokter. “Kita juga melihat bahwa dokter-dokter yang akan selesai internship-nya di tahun ini ada sekitar 3.900, jadi kita juga sudah mempersiapkan dokter-dokter tersebut yang baru lulus internship untuk segera masuk,” jelasnya.

Sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19, pemerintah memperhatikan kesehatan tenaga kesehatan, dokter, perawat, hingga bidan di mana pemerintah akan menambah perlindungan untuk tenaga kesehatan melalui vaksinasi dosis ketiga dengan memakai vaksin Moderna.

Sumber: https://www.presidenri.go.id/siaran-pers/pemerintah-terus-upayakan-pemenuhan-kebutuhan-dokter-dan-perawat/