Pemerintah Tetapkan 70% sebagai Target Herd Immunity

Jumat, 29 Januari 2021

6

Pemerintah Tetapkan 70% sebagai Target Herd Immunity

Vaksinasi merupakan hal yang penting untuk dijadikan instrumen penguatan herd immunity di tengah masyarakat Indonesia, selain itu vaksinasi juga merupakan hal yang penting dalam rangka menurunkan risiko kesakitan dan kematian akibat Covid-19. Untuk itu, Herd Immunity atau kekebalan secara kelompok merupakan tujuan akhir dari diberlakukannya vaksinasi Covid-19 secara nasional yang diberlakukan di Indonesia.

Indonesia sendiri dalam pelaksanaanya, mengincar angka 70% dari total populasi yang ada untuk dilakukan vaksinasi agar bisa mencapai kekebalan kelompok atau Herd Immunity. Sekjen Kemenkes drg. Oscar Primadi, MPH dalam keterangannya menyampaikan bahwa untuk menciptakan Herd Immunity dengan mengusahakan program vaksinasi merupakan bentuk hadirnya pemerintah di tengah masyarakat dikarenakan hal tersebut merupakan bagian dari Obligatory Public Health. Sehingga apa yang dilakukan oleh pemerintah saat ini merupakan salah satu bentuk kewajiban kepada masyarakatnya.

Untuk saat ini, program vaksinasi dilakukan kepada seluruh tenaga kesehatan sebagai bentuk perlindungan bagi garda terdepan melawan Covid-19, namun setelah nya, pelayan publik dan masyarakat rentan menjadi target utama untuk dilakukan vaksinasi Covid-19. Pemerintah sendiri berharap dalam kurun waktu satu tahun ini semua pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dapat segera terselesaikan agar Herd Immunity ditengah masyarakat segera dapat terbangun.

Sumber :

1.https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20210128/2636884/pemerintah-tergetkan-70-cakupan-vaksinasi-covid-19/