Peninjauan Vaksinasi Covid-19 di Jayapura Oleh Menkes

Rabu, 21 April 2021

29

Peninjauan Vaksinasi Covid-19 di Jayapura Oleh Menkes

Vaksinasi Covid-19 masih berlangsung di berbagai daerah, salah satunya adalah Jayapura. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini diselenggarakan di Kelurahan VIM dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Induk Jayapura, Rabu pekan lalu. Vaksinasi Covid-19 di Jayapura ini diperuntukkan bagi petugas kesehatan, petugas publik, dan Lansia sebagai kelompok prioritas vaksinasi tahap satu dan dua.

Menteri Kesehatan RI, Gunadi Sadikin beserta jajarannya langsung meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tersebut. Peninjauan langsung oleh Menkes juga bertujuan sebagai bentuk dukungan dan persiapan menjelang penyelenggaraan Pekan Olah Nasional (PON) di Papua.

Pada tinjauan kali ini. Menkes berpesan agar vaksinasi Covid-19 diutamakan untuk meningkatkan cakupan vaksinasi lansia. Hal tersebut dikarenakan adanya keterbatasan stok vaksin dan Lansia merupakan kelompok yang memiliki risiko angka kesakitan paling tinggi apabila terpapar Covid-19.

“Prioritas lansia penting. Orang tua (lansia) yang divaksinasi COVID-19 harusnya capaiannya dua kali pelayanan publik. Namun saat ini petugas publik hampir lima kali lansia. Orang tuanya dulu. Kalau dia bawa orang tuanya suntik, kita suntik juga.” Kata Menkes

Berdasarkan data per 13 April 2021, dari 562.248 sasaran vaksinasi Tahap I dan Tahap II di Provinsi Papua, baru sebanyak 3.014 (1,20%) lansia yang mendapatkan vaksinasi Covid-19. Sedangkan kelompok prioritas lainnya sudah mencapai 103.234 peserta (18.36%) yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama dan 40.923 (7.28%) peserta yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis kedua.

Adapun peserta pada pelaksanaan kali ini adalah 133 peserta petugas pertanian dan imigrasi divaksinasi di KKP Induk Jayapura dan kurang dari 200 orang peserta divaksinasi Covid-19 di kelurahan VIM kota Jayapura.

Menkes juga berpesan kepada masyarakat untuk selalu menggunakan masker dengan benar menutupi hidung hingga mulut, mencuci tangan pakai sabun minimal 20 detik, menjaga jarak minimal 1 meter, membatasi mobilitas, dan menghindari keramaian meski sudah mendapatkan vaksin.

Sumber: https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20210414/5437505/tinjau-vaksinasi-di-kota-jayapura-menkes-berpesan-utamakan-vaksinasi-lansia/