Pentingnya Melakukan Vaksinasi Covid-19 Bagi Seseorang

Kamis, 21 Januari 2021

12

Pentingnya Melakukan Vaksinasi Covid-19 Bagi Seseorang

Vaksinasi Covid-19 merupakan usaha pemberian vaksin kepada seseorang guna memberikan peningkatan kekebalan tubuh. Suatu saat jika terjangkit penyakit atau virus tersebut, tidak akan sakit. Biasanya seseorang hanya akan merasakan sakit ringan saja.

Pentingnya Vaksinasi Covid-19

Secara garis besar vaksin mampu mencegah adanya penyakit yang disebabkan karena virus atau bakteri. Merupakan zat aktif yang disuntikkan ke tubuh manusia. Setelah itu, kekebalan tubuh mereka akan meningkat. Dengan begitu, tidak akan mudah terserang penyakit.

Memberikan vaksin anti virus Corona bertujuan untuk mengurangi penularan dari satu orang ke orang lainnya. Hal ini akan mengurangi angka kesakitan dan kematian akibat adanya Covid-19. Masyarakat akan terlindungi sehingga masih terus produktif baik secara sosial maupun ekonomi.

Ketersediaan stok vaksin ini akan membantu penanganan pandemi Covid-19 dengan jangka waktu yang lebih cepat. Tetapi proses pengembangan vaksin harus terus dipantau dengan ketat. Setiap fase harus melalui uji klinik, produksi, hingga proses akhir pembuatannya.

Pembuatan vaksin juga perlu adanya tahapan pengecekan BPOM. Pada tahapan ini akan diberikan label aman untuk digunakan atau dikonsumsi oleh masyarakat. Sehingga siap didistribusikan dengan jumlah yang banyak.

Apakah Vaksin Covid-19 Merupakan Obat?

Perlu diketahui bahwa vaksinasi Covid-19 bukanlah pemberian obat kepada manusia, melainkan pembentukan kekebalan secara spesifik pada penyakit Covid-19. Bertujuan agar seseorang terhindar dan tidak tertular penyakit tersebut.
Selain melakukan vaksinasi, alangkah baiknya juga melakukan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Dengan melakukan hal tersebut, maka akan menangani kasus pandemi.

Akan sia-sia jika hanya melakukan vaksinasi saja tanpa melakukan kegiatan yang sifatnya mencegah. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah menjaga kebersihan. Sehingga harus mengurangi semua kegiatan yang sifatnya terlalu banyak kerumunan.

Biasakan mencuci tangan setelah bertemu seseorang atau memegang sesuatu di tempat umum. Melakukan vaksinasi bukan berarti mengobati, sehingga pencegahan keadaan yang semakin parah harus ditingkatkan. Tidak berarti jika sudah divaksin semuanya akan baik-baik saja.

Dengan demikian, melakukan vaksinasi Covid-19 sangatlah penting. Karena bisa menekan jumlah kasus Covid-19 dengan waktu yang singkat.

Referensi Artikel: Paket Advokasi Vaksinasi Covid-19 Lindungi Diri, Lindungi Negeri