Pentingnya Mencuci Tangan Menggunakan Sabun

Rabu, 01 September 2021

17

Pentingnya Mencuci Tangan Menggunakan Sabun

Pandemi Covid-19 yang telah melanda dunia telah membuka kesadaran kita tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan untuk diri sendiri, keluarga maupun orang sekitar. Masyarakat secara umum juga mulai bisa memahami dengan jelas tentang manfaat dan juga bagaimana cara menerapkan pola hidup sehat sehingga bisa terhindar dari Covid-19 maupun penyakit secara umum.

Di Indonesia sendiri, saat ini telah dilaksanakan sosialisasi 5M yaitu Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menggunakan masker, Mengurangi Mobilitas dan Menghindari kerumunan. Hal sederhana namun sering dilupakan oleh masyarakat selama ini sebelum pandemi Covid-19 melanda, adalah mencuci tangan dengan menggunakan sabun sebelum menyentuh wajah dan sebelum makan serta selepas menyentuh permukaan – permukaan atau benda yang disentuh oleh orang banyak.

Mengapa harus menggunakan sabun? Hal ini dikarenakan Covid-19 merupakan partikel kecil yang dibungkus oleh protein dan juga lemak, maka dengan hanya menggunakan sabun virus yang berada di tangan kita akan mampu terbawa atau larut dalam sabun, sehingga virus tersebut dapat hancur ataupun mati dari tangan kita.

Maka dengan mengetahui hal diatas, diharapkan masyarakat selama masa pandemi Covid-19 ini maupun setelah pandemi ini berakhir, tetap bisa menerapkan protokol kesehatan terutama mencuci tangan selama berada di dalam rumah maupun di dalam rumah serta ketika hendak makan dan menyentuh area wajah agar dapat terhindar dari paparan Covid-19 dan penyakit lain secara umum.

Sumber :

1. https://covid19.go.id/edukasi/masyarakat-umum/kenapa-cuci-tangan-pakai-sabun-penting-untuk-lawan-covid-19