Pentingnya Protokol Kesehatan dan Vaksinasi dalam Menghadapi Omicron

1,018

Pentingnya Protokol Kesehatan dan Vaksinasi dalam Menghadapi Omicron

Secara umum, upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terutama omicron, tidak cukup bila hanya dilakukan secara upaya tunggal seperti mendapatkan vaksinasi yang lengkap tanpa menjaga protokol kesehatan, maupun sebaliknya. Adanya proteksi ekstra yang sempurna merupakan langkah yang harus dilakukan oleh seluruh masyarakat agar mampu melindungi diri dan orang di sekitar dari paparan Covid-19, serta meminimalisir dari hospitalisasi dan kematian akibat Covid-19.

Dalam keterangannya kepada pers terkait penanganan Covid-19 Kamis (21/12/2021) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden. Prof. Wiku Adisasmito mengajak masyarakat untuk belajar dari 3 negara besar dengan capaian vaksinasi dosis lengkap yang tinggi seperti Amerika Serikat, Norwegia, Korea Selatan. Ketiga negara tersebut melaporkan bahwa tingkat positif dan kematian mengalami kenaikan yang cukup signifikan meskipun tingkat capaian vaksinasi tinggi. Alasan dibalik tingginya tingkat penyebaran dan kematian tersebut dikarenakan penerapan protokol kesehatan yang sudah tidak dilakukan secara ketat dan sudah tidak menjadi kewajiban sejak lama.

Melihat kondisi demikian, diharapkan masyarakat bisa lebih menyadari mengenai pentingnya menyeimbangkan protokol kesehatan 5M dan vaksinasi sebagai bentuk proteksi yang sama-sama penting untuk dilakukan selama pandemi Covid-19 berlangsung di Indonesia.

Sumber ;

1.       https://covid19.go.id/berita/mencegah-penularan-covid-19-tidak-dapat-hanya-mengandalkan-upaya-tunggal