Peran Masyarakat Dalam Keberhasilan Penanggulangan Covid-19

Jumat, 22 Januari 2021

12

Peran Masyarakat Dalam Keberhasilan Penanggulangan Covid-19

Kasus Covid-19 masih terjadi di Indonesia dan hampir seluruh wilayah negara kini terjangkit virus ini. Banyak kerugian yang diderita masyarakat. Untuk mengurangi adanya kasus pandemi ini, masyarakat umum yang terdampak Covid-19 harus melakukan tindakan berikut.

Hal yang Harus Dilakukan oleh Masyarakat Umum yang Terdampak Covid-19

Peran serta masyarakat sangat penting dalam melaksanakan protokol kesehatan sangat penting karena merupakan kunci keberhasilan penanganan Covid-19. Dengan konsisten melaksanakan protokol kesehatan, maka pandemi dapat ditekan seminimal mungkin hingga selesai. Ada banyak hal yang bisa masyarakat lakukan antara lain:

Memakai Masker
Hal yang harus dilakukan masyarakat umum adalah memakai masker dengan benar dan konsisten kemanapun saat beraktivitas. Dengan masker kita dapat mengurangi kemungkinan tertular Covid-19, sebab penularan yang utama berasal dari mulut dan hidung.

Mencuci Tangan
Dianjurkan kepada masyarakat untuk selalu mencuci tangan setelah melakukan aktivitas. Lalu mencuci tangan setelah memegang sesuatu. Tidak hanya itu saja, setelah pergi dari luar rumah, sebaiknya selalu mencuci tangan.

Menjaga Jarak
Hal lain yang harus dilakukan oleh masyarakat umum yang terdampak Covid-19 adalah menjaga jarak. Melakukan jaga jarak bisa mengurangi penularan yang lebih aman karena virus tidak akan berpindah tempat.

Vaksinasi Covid-19
Berikutnya bisa melakukan vaksinasi Covid-19 untuk pencegahan penularan virus. Kekebalan tubuh mereka akan meningkat, sehingga risiko penularan virus akan berkurang. Memang dengan vaksinasi tidak bisa mengobati Covid-19, tetapi bisa mengurangi penularan serta apabila terkena Covid-19 hanya merasakan sakit ringan.

Melakukan Tes Kesehatan
Untuk mengetahui keadaan kesehatan fisik, perlu melakukan tes kesehatan. Sehingga kebutuhan tubuh bisa terpenuhi dengan maksimal. Apapun hasilnya harus tetap disyukuri dan terus berusaha untuk melakukan pola hidup sehat.

Saling Membantu Antar Sesama
Masyarakat harus bisa saling membantu antar masyarakat lain yang terdampak. Selain itu, harus membantu menyebarkan informasi valid dengan sumber yang terpercaya sebagai bahan edukasi. Mengingat timbal balik antar masyarakat sangatlah penting.

Dengan demikian, masyarakat umum yang terdampak Covid-19 harus bisa menjaga diri dan sesama. Hal ini demi kepentingan diri sendiri dan juga lingkungan sekitar. Sehingga akan terhindar dari virus Covid-19.

Sumber: Paket Advokasi Vaksinasi Covid-19