Perkembangan Informasi Pandemi Covid-19 di Indonesia Terkini

Kamis, 22 Juli 2021

114

Perkembangan Informasi Pandemi Covid-19 di Indonesia Terkini

Kasus Covid-19 harian masih menunjukkan tren peningkatan dan penurunan. Adanya varian baru dari virus tersebut membuat persebarannya semakin cepat. Baru-baru ini pemerintah telah mengumumkan PPKM Darurat guna mencegah pertambahan kasus tiap harinya.

Ada tiga varian baru dari virus tersebut diantaranya B.1.1.7, B.1.351, dan B.1.617. Ketiga varian tersebut termasuk ke dalam jenis virus yang harus diwaspadai. Dari ketiga virus varian baru tersebut jenis B.1.1.7 sistem penyebarannya sangat tinggi dan cepat.

Perkembangan Informasi Pandemi Covid-19 di Indonesia: Mengenai Virus Varian Baru

Penting untuk anda ketahui seperti apa virus varian baru yang saat ini tengah menjadi huru-hara oleh beberapa negara tetangga. Meski perkembangan mutasi virus corona masih menjadi sebuah objek penelitian, munculnya varian baru ini mungkin sangat berbahaya karena menimbulkan sakit berat. Covid-19 di Indonesia sendiri pertanggal 17 Juli 2021 sudah mencapai ribuan orang yang terjangkit. Untuk itu anda harus mengenali beberapa virus varian baru berikut ini.

  1. Virus varian baru B.1.1.7
    Adanya varian baru ini untuk pertama kali ditemukan di negara Inggris. Khusus varian baru jenis B.1.1.7 ini menambah banyaknya kasus penderita Covid-19. Jenis ini merupakan varian paling cepat dan banyak yang menyebar hampir ke beberapa negara. Tingkat penularan varian ini lebih tinggi sekitar 36-75%. Tentu resikonya sangat tinggi jika warga masih memiliki gerak seperti biasanya.

  2. Virus varian baru B.1.351
    Dibanding dengan varian yang sebelumnya, persebarannya juga sangat cepat. Virus ini bisa menyerang penderita yang sudah sembuh dari Covid-19. Pertama kali ditemukan di negara Afrika Serikat. Virus Covid-19 pencegahannya adalah dengan melakukan vaksin, meskipun hanya mengurangi setidaknya dengan vaksin kita bisa menghambat sedikit laju persebaran virus ini. Informasi pandemi Covid-19 di Indonesia terkini menyebutkan bahwa virus ini juga sudah ada dan menyerang beberapa orang yang awalnya sudah terinfeksi terlebih dahulu.

  3. Virus varian baru B.1.617
    Varian yang terakhir ini ditemukan di India. Jenis ini yang menyebabkan lonjakan kasus Covid-19 di India hingga menelan ribuan jiwa. Virus ini juga sangat mudah menyebar untuk itu anda harus waspada. Umumnya orang yang terpapar virus jenis ini bisa melakukan isolasi mandiri. namun, isolasi mandiri juga harus diawasi oleh dokter yang bertanggung jawab, supaya saat membutuhkan pertolongan yang lebih lanjut bisa langsung dibawa ke rumah sakit.

Cara Mengenali Gejala Covid-19

Informasi Covid-19 di Indonesia untuk beberapa gejala yang terjadi ketika seseorang terkena Covid-19 memang sudah banyak dilihat dalam beberapa kampanye iklan dan slogan-slogan. Namun, terkadang mereka tidak bisa membedakan gejala yang benar-benar terinfeksi virus Covid-19 sama flu biasa. Kali ini akan dibahas beberapa gejala yang bisa anda pelajari.
Jika anda merasa terpapar oleh virus Covid-19, jangan panik! Kenali beberapa gelajanya sejak dini. Jangan melakukan kontak dengan orang lain, bila anda sakit usahakan memakai masker, dan jangan lupa menjaga kebersihan. Berikut penjelasan gejala yang lebih jelasnya.

  • Merasa demam
  • Disusul batuk kering
  • Kemudian merasa sakit tenggorokan
  • Merasakan sakit kepala
  • Anosmia dan sesak nafas