Perkuat Stock Vaksinasi Melalui Kerjasma Multilateral dengan COVAX Facility

Sabtu, 09 Januari 2021

4

Perkuat Stock Vaksinasi Melalui Kerjasma Multilateral degan COVAX Facility

Vaksinasi nasional yang digagas oleh pemerintah, merupakan sebuah solusi dan komitmen nyata yang diberikan oleh pemerintah untuk menjamin keselamatan dan kesehatan masyarakat Indonesia dari ancaman paparan Virus Covid-19. Untuk itu, pemerintah berkomitmen dan terus mengusahakan kedatangan serta tersedianya stok vaksin Covid-19.

Komitmen yang dibangun oleh pemerintah dengan dilangsungkannya proses penandatanganan formulir permintaan vaksin bagian B untuk melengkapi formulir permintaan COVAX Facility. Penandatanganan yang dilakukan secara virtual oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi selaku Menteri Kesehatan dan juga Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan merupakan sebuah komitmen Indonesia untuk bergabung dengan Gavi Covax.

Dengan resmi nya Indonesia termasuk dalam salah satu bagian dari COVAX Facility, meka Indonesia berkesempatan untuk bisa mendapatkan vaksin dengan subsidi penuh atau gratis untuk 20% dari total populasi yang dimiliki oleh Indonesia, yaitu sekitar 54 juta orang. Kedatangan vaksin akan dilakukan secara bertahap yaitu sekitar 3% pada kuartal pertama.

Dengan demikian, diharapkan masyarakat bisa mendapatkan vaksinasi  Covid-19 secara menyeluruh, sehingga masyarakat mampu memiliki sistem kekebalan yang cukup kuat untuk bisa bertahan dan meminimalisir risiko yang tidak diinginkan akibat paparan virus Covid-19.

Sumber :

1.https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20210107/5336286/indonesia-amankan-penyediaan-vaksin-hingga-20-dari-populasi-melalui-kerjasama-multilateral-dengan-covax-facility/