PPKM Sebagai Sarana Menekan Laju Covid-19

Rabu, 13 Januari 2021

18

PPKM Sebagai Sarana Menekan Laju Covid-19

Dalam proses pengendalian kasus Covid-19 yang mengalami kenaikan dalam beberapa waktu terakhir hingga mencapai 20,6%, pemerintah berinisiatif untuk menjalankan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM di beberapa daerah yang memiliki persebaran yang cukup masif.

Berdasarkan data statistik penyebaran virus Covid-19, pulau Jawa dan Bali mendapatkan peringkat yang tinggi, sehingga dengan menerapkan PPKM di daerah tersebut, pemerintah berharap penambahan kasus seperti minggu ini dapat ditekan dan tingginya laju penyebaran Covid-19 secara nasional dapat segera mengalami penurunan.

Prof. Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 di Indonesia menyatakan bahwa adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat di daerah Jawa dan Bali ini merupakan salah satu instrumen yang digunakan oleh pemerintah untuk menekan angka lonjakan yang dalam minggu ini mengalami peningkatan yang cukup drastis hingga mencapai 7 kali lipat.

Maka dengan demikian diharapkan masyarakat bisa bersama – sama dengan pemerintah untuk mentaati program PPKM yang berlaku selama satu sampai dua minggu kedepan, sehingga harapan akan melandainya kasus Covid-19 secara nasional dapat tercapai, dan pemerintah bisa kembali membentuk masyarakat yang produktif dan aman dari infeksi Covid-19.

Sumber :

1. https://covid19.go.id/berita/satgas-optimalkan-masa-ppkm-untuk-tekan-laju-kasus