RSUD Buleleng Mampu Tes PCR Mandiri

Sabtu, 28 November 2020

17

RSUD Buleleng Mampu Tes PCR Mandiri

Laboratorium pemeriksaan PCR RSUD Buleleng, Bali kini sudah bisa melakukan tes PCR secara mandiri. Pemeriksaan PCR di RSUD tersebut dapat diketahui hasilnya sedini mungkin.

Hal itu disampaikan Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Tata Kelola Pemerintahan dr. Daniel Tjen pada kunjungan Taskforce ke RSUD Buleleng, Bali, Jumat (27/11).

dr. Daniel mengatakan yang menjadi kendala RSUD Buleleng sebelumnya adalah keterlambatan diagnostik Lab dalam pemeriksaan PCR. Bisa menghabiskan waktu 2 sampai 3 hari untuk mendapatkan hasil PCR pasalnya pemeriksaan PCR di RSUD Buleleng harus dicocokkan terlebih dahulu dengan hasil pemeriksaan dari Lab RSUP Sanglah.

“Kendala sebelumnya ini terjadi di RSUD Buleleng adalah keterlambatan diagnostik Lab. Sebelumnya pemeriksaan PCR bisa di atas 2 sampai 3 hari baru ada hasilnya,” kata dr. Daniel.

Namun demikian ia melaporkan sudah ada surat izin dari Balitbangkes mengenai pemeriksaan PCR secara mandiri sehingga diagnostik bisa dikerjakan sedini mungkin.

“Diagnostik sedini mungkin akan menajamkan proses penelusuran kontak. Harapannya dengan kemampuan PCR mandiri RSUD bisa cepat langsung melakukan kontak tracing,” ucap dr. Daniel.

Sebagai dokter, lanjutnya, tidak pernah melakukan diagnosis apalagi pengobatan COVID-19 pada seseorang hanya berdasarkan pemeriksaan penunjang. Karena itu pencegahan pertama adalah orang yang ada gejala dan tanda dilakukan tes PCR dan RSUD Buleleng sudah mampu melakukan pemeriksaan tersebut.

 

Sumber : Sehatnegeriku.kemkes.go.id