Rubah Pandemi Sebagai Endemi Dengan Kerjasama Antara Pemerintah dan Masyarakat

Kamis, 26 Agustus 2021

177

Rubah Pandemi Sebagai Endemi Dengan Kerjasama Antara Pemerintah dan Masyarakat

Semakin berkembang nya tekhnologi dalam dunia medis, serta ditambah dengan semakin banyak nya masyarakat dari berbagai negara yang telah mendapatkan dan melakukan vaksinasi, banyak peneliti yang mulai memprediksi adanya perubahan status dari pandemi menjadi endemic pada tahun 2022. Endemi sendiri merupakan sebuah kondisi atau keadaan dimana pandemi yang terjadi telah berada dalam pengendalian yang baik. Namun demikian, hal ini tetap menandakan bahwa virus Covid-19 masih ada di sekitar kita, namun dengan kondisi yang dapat dikendalikan.

Dalam agenda keterangan pers yang disiarkan melalui live youtube, Prof. WIku Adisasmito selaku Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 menyampaikan bahwa perubahan dari pandemi menuju endemi merupakan sebuah kondisi dimana kekebalan masyarakat akibat melakukan vaksinasi maupun yang terbentuk secara infeksi alami mengalami peningkatan, sehingga dengan itu, angka masyarakat yang dirawat dan meninggal akibat infeksi virus Covid-19 dapat berkurang dengan drastis.

Dengan pengertian dan penjelasan diatas, prof Wiku juga menambahkan harapannya untuk bisa terjadi sebuah sinergi yang kuat antara pemerintah dan juga masyarakat Indonesia secara keseluruhan untuk bisa bersama – sama fokus untuk melawan dan menghilangkan virus Covid-19.

Di Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ini diharapkan sebagai sebuah momentum bagi pemerintah untuk giat melaksanakan 3T (Tracing, Tracking, Treatment) serta masyarakat tetap menjaga 3M (Menggunakan Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan). Maka dengan ini, hasil yang diharapkan dari pemberlakuan kebijakan ini dapat mendapatkan hasil yang maksimal.

Sumber :
1. https://covid19.go.id/berita/kolaborasi-baik-antara-pemerintah-dan-masyarakat-berpeluang-merubah-pandemi-menjadi-endemi