Seluruh Vaksin di Indonesia Telah Dinyatakan Aman dan Bermanfaat

Senin, 23 Agustus 2021

6

Seluruh Vaksin di Indonesia Telah Dinyatakan Aman dan Bermanfaat

Kondisi pandemi Covid-19 yang terus meningkat akibat virus dengan varian Delta, merupakan PR dari seluruh dunia khususnya di Indonesia sendiri. Melihat peningkatan tersebut, penetapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) merupakan sebuah jalan yang diambil oleh pemerintah.

Dalam penerapannya, pemerintah Indonesia telah menyiapkan 6 jenis vaksin yang layak edar dan telah melalui penelitian secara baik melalui Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Vaksin tersebut terdiri dari :

  1. Coronovac (vaksin jadi dari jenis sinovac
  2. AstraZeneca 
  3. Vaksin Covid-19 (vaksin Bio Farma dengan menggunakan bahan baku vaksin Sinovac)
  4. Pfizer
  5. Sinopharm
  6. Moderna

Keenam jenis vaksin ini telah mendapatkan kepastian untuk beredar dan teruji keamanannya. Selain itu, menurut studi terbaru, vaksin yang telah beredar di Indonesia ini terbukti mampu menurunkan angka resiko penyebaran Covid-19 dengan varian Delta yang memiliki kekuatan penyebaran yang sangat cepat.

Menurut Menteri Komunikasi dan informatika Johny G.Plate Mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar tidak pilih pilih dalam melakukan vaksinasi, dikarenakan vaksin yang telah beredar telah terbukti bermanfaat dan efektif melawan varian Delta.

Maka dengan demikian, masyarakat diharapkan tidak lagi ragu dan segera melakukan vaksinasi ke fasilitas – fasilitas kesehatan atau penyedia program vaksinasi lainnya tanpa melihat jenis vaksin yang aman digunakan. 

Sumber :

1. https://covid19.go.id/masyarakat-umum/semua-merek-vaksin-covid-19-di-indonesia-terbukti-aman-dan-efektif-termasuk-lawan-varian-delta