Strain Covid-19 Varian B117 Sudah Masuk ke Indonesia

Kamis, 04 Maret 2021

114

Strain Covid-19 Varian B117 Sudah Masuk ke Indonesia

Wakil Menteri Kesehatan dr. Dante Saksono telah mengonfirmasi terkait temuan mutasi virus Corona jenis B117 sudah masuk ke Indonesia dalam dua kasus Covid-19 terbaru.

"Tadi malam saya mendapatkan informasi bahwa dalam tepat satu tahun pandemi Covid-19 di Indonesia, hari ini kita menemukan mutasi B117 UK di Indonesia, ini fresh from the oven baru tadi malam ditemukan dua kasus," kata dr. Dante dalam acara "Inovasi Indonesia untuk Pulih Pasca Pandemi" terkait pengembangan vaksin Merah Putih pada Selasa, 2 Maret 2021.

Menurutnya mutasi virus dari Inggris ini akan membuat tantangan masyarakat Indonesia lebih berat dalam menanggulangi pandemi Covid-19 sehingga perlu adanya riset yang semakin cepat dan model penanganan yang lebih baik serta studi epidemologis secara analitik karena mutasi virus ini sudah ada di tengah masyarakat.

Untuk itu masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dengan benar, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak minimal 1 meter, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas. Jangan lupa untuk terus mendukung program vaksinasi Covid-19 dan tetap jaga kesehatan di masa pandemi.