Strategi Percepatan Vaksinasi pada Lansia

Wednesday, 03 November 2021

52

Strategi Percepatan Vaksinasi pada Lansia

Dalam rangka memberikan perlindungan secara maksimal dari pandemic Covid-19 kepada masyarakat yang masuk kedalam golongan prioritas, pemerintah melakukan akselerasi atau percepatan vaksinasi bagi lansia. Selain disebabkan karena lansia menjadi salah satu golongan masyarakat yang sangat rentan terpapar Covid-19, adanya percepatan ini juga dilakukan agar pemerintah dapat mengendalikan angka kesakitan hingga kematian yang dialami oleh lansia akibat terpapar Covid-19.

Saat ini, tercatat bahwa terdapat 21 juta lansia yang ada di Indonesia, sedangkan hanya 7 juta lansia yang baru mendapatkan vaksinasi Covid-19. Melihat hal demikian, maka pemerintah menyiapkan beberapa strategi agar capaian angka vaksinasi lansia dapat terus ditingkatkan, seperti :

  1. Menyediakan sentra vaksinasi dengan kapasitas 1000-2000 sasaran per hari yang terus diperbanyak.
  2. Mengajak seluruh anggota keluarga untuk lebih proaktif agar lansia mau untuk divaksinasi.
  3. Mengedukasi masyarakat terkait pentingnya melakukan vaksinasi pada kondisi pandemi Covid-19.

Dengan menerapkan beberapa strategi diatas, diharapkan masyarakat yang tergolong sebagai lansia dapat sesegera mungkin mendapatkan perlindungan maksimal dari protokol kesehatan dan vaksinasi Covid-19. Sehingga angka kematian dan kesakitan pada lansia akibat Covid-19 dapat segera diselesaikan.

Sumber :

1. https://covid19.go.id/masyarakat-umum/akselerasi-vaksinasi-covid-19-kunci-tekan-angka-kesakitan-kematian-pada-lansia