Taskforce Kemenkes: Waspadai Klaster Baru, Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

Rabu, 09 Desember 2020

79

Taskforce Kemenkes: Waspadai Klaster Baru, Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

Ketua Tim taskforce Kementerian Kesehatan untuk Provinsi Papua, dr Iwan Trihapsoro meminta pemerintah provinsi papua mewaspadai kemunculan tiga klaster baru COVID-19, yaitu Pilkada, Libur Natal dan tahun Baru 2021, serta Pekan Olahraga Nasional XX yang akan dihelat tahun 2021. Untuk itu Iwan menghimbau agar sosialisasi dan penerapan protokol Kesehatan 3 M terus dimasifkan. Hal ini sangat penting dalam rangka memutus mata rantai penularan COVID-19.

“Ada tiga agenda ke depan yang harus diantisipasi karena berpotensi memicu klaster baru Covid-19. Pertama Pilkada Serentak esok tanggal 9 Desember di 11 kabupaten. Kedua, liburan panjang Natal dan Tahun Baru. Ketiga, pelaksanaan PON XX tahun 2021 dimana Papua menjadi Tuan Rumah,” tutur Iwan

Himbauan ini disampaikan Iwan pada pertemuan evaluasi penanganan COVID-19 di Dinas Kesehatan provinsi Papua, Selasa (8/12) di hadapan Jajaran Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas KesehatanKabupaten/Kota Provinsi Papua dan Direktur Rumah Sakit se Provinsi Papua yang dilaksanakan secara daring dan luring di Kantor Dinas Kesehatan. hadir juga pada pertemuan tersebut secara luring Kepada Dinas Kesehatan provinsi Papua Robby kayame beserta Jajaran, dan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jayapura Harold M. Pical beserta jajaran.

Iwan mengapresiasi upaya Pemerintah Provinsi papua dalam memasifkan tracing dan testing COVID-19, namun hal yang harus diantisipasi juga lonjakan kasus, jangan sampai terjadi kekurangan Tempat Tidur Isolasi di fasilitas pelayanan Kesehatan serta kelelahan para tenaga Kesehatan sebagai garda terdepan penanganan COVID-19. Untuk itu diperlukan Langkah-langkah antisipasi salah satunya dengan menyiapkan fasilitas isolasi mandiri.

“Di Jakarta saja kita siapkan 20 ribu kamar hotel untuk perawatan (isolasi mandiri), sekaligus menghidupkan bisnis perhotelan” tambahnya.

Dalam lawatannya, Tim taskforce Kemenkes Untuk Penanganan COVID-19 diketuai oleh Tenaga Ahli Menkes Bidang Krisis Kesehatan dr Iwan Trihapsoro, turut Mendampingi adalah Perwakilan dari Direktorat Promosi Kesehatan dan Direktorat Surveilans dan Karantina Kesehatan.

Kadinkes Provinsi Papua Robby kayame mengapresiasi kinerja Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota Provinsi Papua dalam penanganan COVID-19 sampai saat ini. Baik dinas Kesehatan maupun stakeholders terkait semua memiliki tanggung jawab besat untuk menjaga masyarakat papua yang sehat untuk tetap sehat, dan yang sakit dapat cepat sembuh

“kita harus tetap gandeng tangan memukul mundur COVID-19 dari bumi cendrawasih” tegasnya

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jayapura Harold M. Pical meminta Dinas Kesehatan baik di provinsi maupun kabupaten/kota untuk menindaklanjuti laporan data pelaku perjalanan yang dikirim KKP melalui kartu kewaspadaan atau Health Alert Card (HAC). Hal ini bertujuan untuk memudahkan petugas dalam melakukan contact tracing kepada para pelaku perjalanan.

Menutup pertemuan, secara simbolis juga dilakukan serah terima bantuan masker dari Kementerian Kesehatan kepada Dinas Kesehatan Provinsi, dan Kabupaten Jayapura. Total Bantuan Masker yang sudah diserahkan dari kementerian Kesehatan untuk Provinsi Papua sendiri sebanyak 362.194 masker.

 

sumber : SehatNegeriku.kemkes.go.id