Tingkat Risiko Beberapa Daerah Menurun, Satgas Peringatkan Untuk Tidak Lengah

Kamis, 07 Januari 2021

10

Tingkat Risiko Beberapa Daerah Menurun, Satgas Peringatkan Untuk Tidak Lengah

Kerja sama yang baik antara pemerintah dan juga masyarakat dalam menjalankan peraturan dan menjaga protokol kesehatan dengan menerapkan 3M (Mencuci tangan, Menggunakan Masker, Menjaga jarak) telah menunjukan hasil positif dank aba baik di berbagai daerah di Indonesia.

Menurut pantauan yang dilakukan oleh pemerintah pada peta zonasi tingkat kabupaten/kota, hasil yang diterima cukup memberikan kabar gembira, pasalnya sejumlah daerah yang berada di zona merah atau risiko tinggi, telah mengalami perbaikan secara drastis jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyampaikan bahwa daerah yang berada pada zona merah, pada minggu sebelumnya terdapat 76 kabupaten/kota, sedangkan pada minggu ini terjadi penurunan secara drastis yaitu menjadi 54 kabupaten/kota.

Tidak hanya itu, menurunnya jumlah kota/kabupaten dari zona merah, memberikan arti bahwa jumlah wilayah dengan zona hijau dan kuning juga semakin bertambah. Zona kuning bertambah dari 49 menjadi 57 kota/kabupaten, sedangkan zona hijau meningkat dari 8 menjadi 11 kabupaten/kota.

Meski begitu, masih banyak kota/kabupaten yang masih berada pada zona tidak aman, yaitu zona merah dan oranye. Prof.WIku meminta para pemimpin daerah untuk bisa terus meningkatkan proses penanganan Covid-19 dan rantai penyebaran virus dapat segera di tekan dan diputuskan.

Sumber:

1. https://covid19.go.id/berita/tingkat-risiko-daerah-menurun-satgas-jangan-lengah