Vaksinasi Covid-19 Gotong Royong Mulai Digelar

Kamis, 20 Mei 2021

27

Vaksinasi Covid-19 Gotong Royong Mulai Digelar

Demi memperluas cakupan vaksinasi Covid-19, pemerintah menggelar program vaksinasi Covid-19 Gotong Royong. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini, pemerintah bekerjasama dengan sektor swasta untuk menekan laju penyebaran Covid-19 dan memajukan perekonomian nasional.

Vaksinasi Gotong Royong adalah program pemberian vaksin yang diklaim mempercepat pemerataan vaksinasi Covid-19, khususnya di sektor usaha. Artinya, vaksinasi gotong royong ditujukan untuk karyawan/buruh dan keluarga yang ditanggung oleh perusahaan. Seluruh penerima vaksin gotong royong tidak akan dipungut biaya.

Pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong perdana sudah dimulai pada tanggal 18 Mei 2021. Pelaksanaan perdana ini berlokasi di kawasan industri Jabeka – Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Presiden RI, Joko Widodo juga berharap dengan adanya program vaksinasi Gotong Royong ini dapat mempercepat cakupan target vaksinasi Covid-19 bagi 181,5 Juta penduduk Indonesia.

“Memperoleh vaksin itu tidak mudah, karena menjadi rebutan dari 215 negara yang ada di dunia ini. Semuanya ingin mendapatkan vaksin. Alhamdulillah untuk Vaksin Gotong Royong tahap pertama, kita telah mendapatkan 420.000 dosis dan segera saya perintahkan untuk dilaksanakan di lapangan. Kita harapkan nanti akan mendapatkan suplai yang lebih banyak, sehingga proses Vaksinasi Gotong Royong bisa mempercepat target 181,5 Juta dari penduduk yang akan kita vaksin.” Katanya.

Selain itu, Presiden juga berharap adanya program vaksinasi Covid-19 Gotong Royong bagi pekerja ini dapat memulihkan perekonomian nasional.

Sementara itu, untuk pelaksanaan vaksinasi Gotong Royong hanya dapat dilaksanakan di fasilitas kesehatan swasta yang memenuhi persyaratan. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi benturan dengan program vaksinasi dari pemerintah.

Setiap fasilitas pelayanan kesehatan yang menjalankan vaksinasi gotong royong tetap melakukan pelaporan baik secara elektronik atau manual kepada dinas kesehatan setempat dan tetap melakukan standar pelayanan dan prosedur pelayanan sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi.

Demi kelancaran dan kesuksesan pemerintah dalam pencegahan Covid-19, masyarakat diharapkan tetap menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun minimal 20 detik, menjaga jarak minimal 1 meter, membatasi mobilitas, dan menghindari kerumunan meski sudah mendapatkan vaksin.

https://covid19.go.id/edukasi/masyarakat-umum/pelaksanaan-perdana-vaksinasi-covid-19-gotong-royong-untuk-pekerja